Sukses

Kisah Mistis dan Mitos di Pemandian Air Panas Lejja Sulawesi Selatan

Konon, beberapa sudut di Pemandian Air Panas Lejja dihuni oleh makhluk gaib. Beberapa peristiwa kesurupan pun pernah dialami pengunjung.

Liputan6.com, Makassar - Pemandian Air Panas Lejja yang berlokasi di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan. Namun, tempat wisata ini ternyata juga menyimpan cerita mistis dan sejumlah mitos perihal jodoh.

Konon, beberapa sudut di Pemandian Air Panas Lejja dihuni oleh makhluk gaib. Beberapa peristiwa kesurupan pun pernah dialami pengunjung.

Masyarakat percaya, para makhluk gaib akan merasuki pengunjung yang bersikap berlebihan atau terlalu banyak bicara. Sebelum menjadi tempat wisata, tempat ini dahulu kerap dijadikan lokasi pemberian sesajen oleh masyarakat setempat, terutama saat masyarakat mendapatkan hasil panen melimpah.

Pemandian Air Panas Lejja juga memiliki Sumur Jodoh yang menyimpan mitos tersendiri. Sumur Jodoh berada di jalan masuk Pemandian Air Panas Lejja, tepatnya di sisi sebelah kanan.

Konon, jika ada pasangan yang berkunjung ke sumur tersebut, maka mereka akan berlanjut ke jenjang pernikahan. Selain itu, pengunjung juga bisa menggantungkan harapan di pohon botol.

Menggantungkan botol di pohon Pemandian Air Panas Lejja merupakan sebuah mitos yang berkaitan dengan sumur jodoh. Menurut mitos yang beredar di masyarakat, jika pasangan menggantungkan botol atau kaleng yang telah diisi air dan menghampiri sumur jodoh bersama, mereka akan mengikatkan janji perjodohan.

Meskipun terdapat berbagai hal mistis dan mitos yang melingkupi Pemandian Air Panas Lejja, tetapi tempat ini tetap menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kawasan ini merupakan sumber air panas alami dengan kandungan belerang yang cukup tinggi, yaitu sekitar 1,5 persen.

Pemandian Air Panas Lejja berada di area hutan lindung, sehingga menawarkan panorama alam yang sejuk. Pengunjung bisa berendam di empat kolam dengan suhu berbeda.

Bahkan, air panas tersebut dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit, seperti jerawat, gatal-gatal, hingga rematik. Karena menawarkan pemandangan indah dan berbagai manfaat untuk kesehatan, cerita mistis dan mitos di Pemandian Air Panas Lejja pun tak menjadi halangan bagi wisatawan untuk berkunjung.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini