Sukses

Kebakaran Permukiman Warga di Pulau Buluh Batam, 1 Orang Meninggal Dunia

Kebakaran melanda permukiman warga tepi laut di Pulau Buluh, Kota Batam, Rabu (19/7/2023).

 

Liputan6.com, Batam - Kebakaran melanda permukiman warga tepi laut di Pulau Buluh, Kota Batam, Rabu (19/7/2023), sekitar pukul 05.30 WIB. Akibat peristiwa kebakaran itu, satu orang warga lansia dilaporkan meninggal dunia. 

"Satu orang meninggal dunia, perempuan dan sudah lansia (lanjut usia), usianya sekitar 50-an tahun. Korban tidak bisa melarikan diri saat kejadian," ujar Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Bulang Al Ikhsan, dikutip dari Antara, Rabu (19/7/2023).

Dirinya mengatakan, Tagana Bulang menurunkan tim untuk membantu memadamkan api yang menghanguskan sekitar sembilan rumah tersebut, dan saat ini api sudah padam dan sedang dalam proses pendinginan.

Saat kebakaran baru terjadi, warga Pulau Buluh bergotong royong melakukan pemadan api. Baru petugas Dinas Pemadam Kebakaran Batam, personel TNI/Polri dan personel dari kapal-kapal yang berada di dekat pulau tersebut turut membantu.

"Pemadaman itu membutuhkan waktu sekitar dua jam, karena posisi rumah di tepi laut dan pada saat kejadian kondisi air laut lagi surut, sehingga air untuk memadamkan api susah dan kapal juga tidak bisa mendekat," katanya.

Dia mengatakan proses evakuasi sampai saat ini masih terus dilakukan. Warga sekitar juga ikut membantu memberikan bantuan kepada warga yang terdampak. Sedangkan untuk penyebab terjadinya kebakaran, kata Ikhsan, masih diselidiki oleh pihak kepolisian.

"Karena kejadiannya subuh, banyak yang tidak tau penyebabnya apa," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.