Sukses

Cara Memakai Dasi yang Rapi dan Mudah untuk Anak Sekolah hingga Pekerja Kantoran

Menggunakan dasi merupakan salah satu aksesoris yang mendukung pakaian agar terlihat rapi dan sopan.

Liputan6.com, Bandung - Masa liburan berakhir, minggu ini anak-anak sudah mulai kembali ke sekolah. Selain itu, ada juga anak-anak yang baru masuk sekolah baik itu sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Para siswa sekolah tentunya harus masuk dengan berpakaian yang rapi sesuai dengan aturan yang ada di sekolah tersebut. Salah satu aturan umum yang biasanya ada pada sekolah adalah menggunakan dasi yang wajib digunakan agar terlihat rapi.

Tidak hanya digunakan oleh anak-anak sekolah saja, dasi juga biasanya menjadi aksesori wajib orang dewasa yang bekerja di kantor. Ketika menggunakan dasi, kita juga harus memahami bagaimana memakai dasi yang baik dan benar.

Melalui artikel ini akan dibahas bagaimana cara memakai dasi yang baik dan benar sehingga terlihat rapi. Caranya sendiri cukup mudah untuk diikuti, baik untuk diri sendiri atau memakaikan dasi untuk anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Memakai Dasi yang Baik dan Benar

Perlu diketahui, dasi mempunyai berbagai macam jenisnya sehingga caranya pun dapat berbeda-beda. Berikut ini adalah cara memakai dasi yang biasa digunakan untuk sekolah dan bekerja:

Dasi model dasi sekolah atau four in hand knot

Cara menggunakan dasi untuk anak sekolah bisa menggunakan model four in hand knot. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Lingkarkan dasi pada sekitar kerah baju dan ujung tebalnya berada di sebelah kiri dan 3-4 inci lebih rendah dari ujung bagian tipis.

2. Setelah itu silangkan ujung dasi yang tebal di depan ujung dasi yang tipis.

3. Bungkus bagian ujun dasi yang tebal di belakang dengan bagian ujung yang tipis kemudian silangkan secara horizontal dari arah kanan ke kiri.

4. Setelah itu bawa bagian ujung tebal secara horizontal untuk melintasi bagian depan simpul dasi dari kanan ke kiri.

5. Lalu selipkan jari di bawah pita horizontal tersebut.

6. Jika sudah putar bagian ujung dasi yang tebal ke atas dan ke dalam, lalu geserkan ke bawah lingkaran yang ada di sekitar leher.

7. Setelah itu masukkan ujung bagian yang tebal ke bawah melalui lingkaran yang tadi dengan jari.

8. Jika sudah tarik bagian ujung yang tebal tadi dan kencangkan simpulnya dengan erat agar rapi.

3 dari 3 halaman

Dasi Model Segitiga

Model menggunakan dasi berbentuk segitiga adalah salah satu jenis dasi yang sering digunakan oleh pekerja kantoran. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama lingkarkan dasi disekitar kerah baju dengan jahitan menghadap ke dalam dan ujung tebal sebelah kiri sekitar 2 hingga 3 inci lebih rendah dari posisi akhir yang diinginkan.

2. Setelah itu ujung yang tebal secara horizontal melintasi bagian depan dari ujung bagian yang sempit, kemudian melewati kembali secara horizontal ke bagian belakang ujung yang sempit.

3. Selanjutnya lewati ujung bagian tebal dan melintasi bagian depan simpul melalui arah kiri ke kanan.

4. Jika sudah lewati kembali ujung yang tebal kembali ke bagian belakang simpul dan secara horizontal dari arah kanan ke kiri.

5. Kemudian lewati ujung bagian yang tebal melintasi bagian depan simpul dari kiri ke kanan dan selipkan jari di bawah lingkaran horizontal ketiga.

6. Setelah itu tarik ujung bagian yang tebal ke bawah lingkaran di sekitar kerah dan masuk kan kedalam bagian belakang simpul

7. Lalu turun di bagian simpul tersebut melalui lingkaran horizontal ketiga tersebut dan tarik ujung yang tebal melalui lingkaran dan kencangkan ke bawah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.