Sukses

Gusti Bhre Undang Jokowi dan 2 Capres Ikuti Kirab Pusaka Malam 1 Sura di Mangkunegaran

Gusti Bhre yang kini bergelar KGPAA Mangkunegara X mengundang Jokow, Ganjar Pranowo, dan Prabowo untuk hadir dalam ritual kirab pusaka malam 1 Sura.

Liputan6.com, Solo - Pura Mangkunegaran bakal menggelar kirab pusaka malam 1 Sura pada Selasa malam, 18 Juli 2023. Penguasa Pura Mangkunegara turut mengundang Presiden Jokowi hingga dua calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo untuk mengikuti ritual tapa bisu mengeliling tembok istana kadipaten tersebut.

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X mengatakan Pura Mangkunegaran akan menggelar kirab pusaka yang rutin digelar menjelang setiap malam 1 Sura atau peringatan pergantian Tahun Baru Jawa. Kirab yang diikuti keluarga, kerabat dan abdi dalem Pura Mangkunegaran itu juga terbuka untuk masyarakat umum.

“Hari Selasa nanti tentu kami mengundang masyarakat untuk datang. Harapannya nanti bisa menjadi upacara yang bermanfaat untuk banyak orang,” kata dia saat ditemui di sela-sela ada simposium internasional Mangkunegaran di Prangwedanan, Pura Mangkunegaran, Jumat (14/7/2023).

Selain mengajak masyarakat, KGPAA Mangkunegara X juga mengundang sejumlah pejabat dan tokoh untuk mengikuti kirab pusama malam 1 Sura mendatang. Adapun tokoh yang diundang seperti Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

“Tentu, karena Pak Gubernur Ganjar Pranowo tahun lalu juga hadir ikut kirab malam 1 Sura. Tahun ini, kami senang sekali jika beliau hadir lagi. Mas Wali juga kami harap bisa hadir karena semakin ramai semakin baik,” ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Presiden Ikut Diundang

Ia juga mengaku mengirimkan undangan untuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk bisa hadir mengikuti kirab malam 1 Sura. Tak hanya itu, sejumlah pejabat dan tokoh yang pernah mendatangi Pura Mangkunegaran, Solo juga diundang untuk bisa menghadiri ritual kirab tersebut.

“Kalau Menhan, kita lihat ya karena undangan sudah kita kirimkan. Selain itu undangan juga dikirimkan kepada terutama (tokoh) yang pernah berkunjung ke Mangkunegaran. Siapa saja? Ada Pak Menhan dan jajaran yang lain,” ujar dia.

Bahkan, Gusti Bhre yang kini bergelar KGPAA Mangkunegara X itu ikut melampirkan undangan kepada Presiden Jokowi untuk hadir dalam prosesi tersebut. Apalagi Presiden Jokowi pada tahun lalu juga sering berkunjung ke Pura Mangkunegaran untuk persiapan prosesi pernikahan putra bungsunya di istana kadipaten tersebut pada Desember tahun lalu.

“Tentu ya (melampirkan undangan kepada Presiden Jokowi). Tapi dengan jadwal beliau yang padat tentu (belum bisa dipastikan ikut hadir). Kami senang sekali jika semakin banyak yang bisa hadir bisa melihat indahnya kebudayaan Jawa di Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan,” harapnya.

Menurut Mangkunegara X bahwa kirab malam 1 Sura akan digelar pada Selasa malam mulai pukul 19.00 WIB. Kirab pusaka yang dilakukan dengan tapa bisu itu akan dilakukan dengan berjalanan kaki mengelilingi tembok istana kadipaten.

“Setelah kirab pusaka, kemudian kami malamnya biasanya mengadakan semedi,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini