Sukses

Tak Hanya Karimun Jawa, Ini Rekomendasi Destinasi Lain di Jepara

Destinasi wisata dengan keindahan menawan di Jepara bukan hanya Karimun Jawa.

Liputan6.com, Jepara - Jepara memang populer dengan keindahan alamnya yang indah dan menawan. Hal itu bisa dilihat dari populernya destinasi wisata Karimun Jawa.

Namun, destinasi wisata dengan keindahan menawan di Jepara bukan hanya Karimun Jawa. Masih banyak destinasi wisata lain yang tak kalah menarik.

Berikut beberapa pilihan destinasi wisata Jepara selain Karimun Jawa yang bisa kamu kunjungi:

1. Air terjun Setatah 

Air Terjun Setatah berlokasi di Desa Batealit, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara. Destinasi wisata Jepara ini memiliki bentuk yang lebar, bertingkat, dan ketinggian yang cenderung rendah.

Selain itu, lingkungan di sekitarnya juga masih sangat terjaga keasriannya. Terdapat pepohonan dan persawahan yang mengelilingi area ini.

2. Bukit Bejagan

Bukit Bejangan berlokasi di Dukuh Duplak, Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan hijau pepohonan dan gunung yang memukau.

Pemandangan tersebut juga dapat memberikan kesan tenang dan rileks. Saat menuju ke puncak bukit, pengunjung perlu menyiapkan tenaga ekstra untuk mendaki. Saat berada di atas bukit, terdapat rumah pohon yang disediakan sebagai gardu pandang dan spot foto.

3. Danau Blingoh

Danau Blingoh merupakan salah satu destinasi wisata di Desa Blingoh, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. Danau ini dikelilingi oleh bebatuan kapur berwarna putih yang membuat tampilannya menarik.

Air di danau ini sangat jernih dengan warna hijau tosca. Konon, danau ini tercipta secara tidak sengaja.

Awalnya, daerah ini merupakan bekas area penambangan ilegal yang lama-kelamaan membentuk kubangan besar. Usai aktivitas penambangan ilegal tersebut terhenti, kawasan ini pun dibiarkan begitu saja.

Saat hujan, air pun mengisi kubangan tersebut, sehingga terciptalah danau. Oleh karena itu, waktu paling tepat mengunjungi destinasi wisata ini adalah saat musim hujan karena saat kemarau air danau akan lebih sedikit dan cenderung kering.

4. Gua Manik 

Gua Manik berlokasi di Donorejo, Banyumanis, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Jepara. Terdapat dua gua di wilayah ini.

Salah satu gua tersebut berada di bawah pancuran air. Selain sebagai tempat wisata, gua tersebut juga masih digunakan sebagai tempat bertapa oleh sebagian orang hingga sekarang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Museum R.A Kartini

5. Museum R.A Kartini

Museum R.A Kartini berlokasi di Jalan Kartini, Panggang I, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Dilihat dari namanya, museum ini dibangun sebagai bentuk dedikasi untuk mengenang jasa R.A Kartini. 

Bangunan museum ini terdiri dari tiga gedung yang memiliki desain menyerupai huruf K, T, dan N. Meskipun bernama Museum R.A Kartini, tetapi tidak semua barang koleksi merupakan peninggalan dari pahlawan emansipasi wanita tersebut. Terdapat beberapa benda peninggalan kakaknya, Sosro Kartono, serta benda-benda kuno peninggalan sejarah lainnya yang ditemukan di wilayah Kabupaten Jepara.

6. Museum Ukir Nusantara 

Museum Ukir Nusantara berlokasi di Jalan Kartini No. 40, Panggang, Kecamatan Jepara, tepatnya di dalam SMPN 6 Jepara. Museum ini merupakan bekas gudang SMPN 6.

Selain itu, museum ini merupakan museum ukir pertama di dunia. Selain ukiran Jepara, beberapa barang seni yang ada di museum ini juga berasal dari luar Jepara, salah satunya ukiran miliki Suku Asmat.

Adapun salah satu koleksi museum yang terkenal adalah bola dunia yang diukir dari kayu. Konon, bola tersebut dibuat berdasarkan permintaan Presiden Soekarno saat mengunjungi SMPN 6 Jepara pada 1962.

7. Pantai Punuk Sapi

Pantai Punuk Sapi terletak di Desa Balong, Dukuh Lemah Abang, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. Pantai ini juga dijuluki sebagai Pantai Lemah Abang.

Nama tersebut diambil dari warna bukitnya yang memiliki tanah berwarna merah. Keunikan lain pantai ini adalah pasirnya yang berwarna hitam.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.