Sukses

Lansia Ingin Bahagia? Sekolah di Sekolah Lansia Saja

Jumlah lansia yang banyak perlu dikelola secara lebih lanjut untuk menciptakan kelompok lansia yang hidup lebih sehat, bahagia dan produktif.

Liputan6.com, Yogyakarta Dosen Filsafat Universitas Gadjah Mada sekaligus Ketua Tim Pengabdian Fakultas Filsafat UGM Supartiningsih dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang bertajuk Inisiasi Pengelolaan Sekolah Lansia di Desa Garjoyo, Dukuh Imogiri, Bantul mengatakan pentingnya sekolah lansia di Imogiri, Bantul. Menurutnya Sekolah Lansia ini dalam rangka  memberikan semangat untuk membahagiakan lansia. 

“Kerja sama yang baik antara Tim PkM dan Tim Inovasi Puskesmas Imogiri 1, perangkat desa, dan para Kader Kesehatan ini diharapkan dapat menciptakan kondisi para lansia yang panjang usia dengan penuh kebahagiaan,” kata Supartiningsih dalam rilis yang dikirim ke wartawan, Rabu 7 Mei  2023 .

Kegiatan FGD yang diikuti tim Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Filsafat UGM bersama Tim Inovasi Puskesmas Imogiri I Bantul ini sepakat untuk mengadakan sekolah lansia di Imogiri, Kabupaten Bantul.

Ide sekolah lansia ini disambut baik oleh pemerintah desa, para kader, puskesmas dan tim inovasi Puskesmas Imogiri I Bantul. Jumlah lansia di Kabupaten Bantul pada tahun 2020 mencapai 12,1 persen dari jumlah penduduk yang mencapai hampir 1 juta jiwa. 

“Harapannya, ke depan dari inisiasi program Sekolah Lansia ini akan berdiri Taman Lansia yang menjadi tempat berkumpulnya para lansia yang bahagia,” kata  Prasasti Bintarum  ketua Tim Inovasi Puskesmas Imogiri I Bantul. 

FGD ini merupakan bagian dari keseluruhan kegiatan yang akan dilaksanakan berupa Training of Trainer, penyusunan buku panduan kegiatan, pembukaan Sekolah Lansia, pelaksanaan kegiatan sekolah, pelaksanaan wisuda sekolah, dan juga evaluasi program.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini