Sukses

Bisa Jadi Sumber Energi, Ini 7 Manfaat Mengonsumsi Daun Singkong

Rajin mengonsumsi sayuran hijau yang satu ini akan berdampak baik pada tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Singkong sudah sangat akrab untuk warga Indonesia, sebagai makanan tradisional. Selain akarnya yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti nasi, daun singkong pun bisa diolah untuk dijadikan menu sehat karena ada banyak manfaat yang diberikan sayuran ini. 

Daun singkong memiliki tekstur yang unik, sedikit lebih crunchy dibanding jenis sayur hijau yang lain. Biasanya daun singkong diolah dengan berbagai cara, mulai ditumis, dijadikan gulai, hingga dijadikan urap. Bumbu rempah membuat rasa sayuran ini menjadi lebih kaya.

Rajin mengonsumsi sayuran hijau yang satu ini akan berdampak baik pada tubuh. Beberapa manfaat yang diberikan oleh daun singkong termasuk melancarkan sirkulasi darah, hingga menangkal radikal bebas. Yuk simak ulasan lengkapnya.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Manfaat Daun Singkong yang Perlu Kamu Ketahui

1. Membantu Proses Regenerasi Sel

Daun singkong mengandung asam amino esensial yang berguna untuk mergenerasi sel-sel di dalam tubuh. Kandungan asam amino tersebut merupakan salah satu protein yang dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak sehingga dapat berfungsi kembali.

2. Meningkatkan Sistem Metabolisme

Kandungan vitamin B yang terdapat di dalam daun singkong bermanfaat membantu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh agar tetap optimal.

3. Sumber Energi

Kandungan asam amino esensial dan serat yang ada di dalam daun singkong dapat membantu memberikan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas. 

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Daun singkong juga mengandung antioksidan dan asam amino berperan untuk melancarkan sirkulasi darah yang membawa oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Dengan demikian, semua organ-organ tubuh dapat bekerja secara optimal.

 

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sebagai sayuran, daun singkong juga mengandung serat yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga organ-organ pencernaan menjadi sehat dan terbebas dari gangguan penyakit.

6. Mencegah Penyakit Anemia

Sejumlah nutrisi yang terdapat di dalam daun singkong mempunyai kemampuan untuk memproduksi sel-sel darah merah dan berperan untuk melancarkan sirkulasi darah, sehingga tubuh terbebas dari penyakit anemia atau kurang darah.

7. Menangkal Radikal Bebas

Sama seperti sayuran lainnya, daun singkong juga memiliki kandungan antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas akibat paparan sinar matahari. Dengan demikian, kulit akan terlindungi dan terbebas dari resiko terkena penyakit kanker kulit.

Meski kaya nutrisi dan banyak bermanfaat untuk kesehatan, namun sebaiknya daun singkong tidak dikonsumsi dalam porsi yang berlebihan, terutama untuk orang yang menderita hipertensi. Mengkonsumsi daun singkong secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah atau hipertensi yang berisiko terhadap penyakit jantung dan stroke. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini