Sukses

Sejumlah Partai Gagal Unggah Berkas Caleg ke Silon KPU di Bangkalan, Kenapa?

Banyak Partai Politik yang Belum Mendaftar

Liputan6.com, Bangkalan - Sejumlah partai politik yang mendaftarkan calon legislatornya ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, gagal mengunggah data ke sistem informasi calon (Silon KPU)

Dari empat partai yang mendaftar pada hari ke dua, Sabtu (13/5), hanya DPC PKB Bangkalan yang berhasil mengunggah berkas. Sementara Gerindra, Hanura dan PPP dikabarkan gagal.

Pelaksana Tugas (PLt) Ketua DPC PPP Kabupaten Bangkalan Hasbullah membenarkan kegagalan unggah berkas tersebut, namun tak menjelaskan lebih rinci apa musababnya.

"Iya gagal. Istilahnya tidak bisa submit berkas, mungkin ada trouble. tapi secara manual berkas kami sudah lengkap, besok akan kami tindaklanjuti lagi. Yang penting kami sudah mendaftar," katanya.

Jumlah bakal calon legislator yang didaftarkan PPP Bangkalan sebanyak 50 orang. Ini berarti seluruh kuota di enam dapil terisi semua, termasuk kuota 30 persen perempuan.

Meski sempat diterpa badai kasus korupsi, Hasbullah optimis di Bangkalan perolehan kursi partai berlambang Ka'bah akan melampaui pemilu sebelumnya yaitu dari 8 kursi menjadi 12 kursi.

"80 persen caleg kami adalah kader dan sebagian berlatar belakang tokoh, kami optimis bisa meraih dua kursi per dapil," kata dia.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mantan kades nyaleg Hanura

Jika PPP memasang target tinggi, DPC Hanura Kabupaten Bangkalan memasang target yang lebih rendah yaitu 6 kursi di DPRD Bangkalan.

"Pemilu sebelumnya kami dapat tiga, sekarang kami target enam atau satu kursi per dapil," kata Ketua DPC Hanura Bangkalan, Mahmudi.

Rendahnya target ini juga tampak dari jumlah caleg yang didaftarkan Hanura ke KPU Bangkalan. Dari jatah 50 caleg, Hanura hanya mendaftarkan 30 caleg.

Meski tak semua kuota diisi, Mahmudi mengatakan keterwakilan perempuan di semua dapil melebihi 30 persen.

"Latar belakang caleg kami beragam, ada dua mantan kades dan ketua Askab PSSI Bangkalan juga nyalon lewat Hanura," tutur dia.

Sejak dibuka pada Jumat lalu, baru enam partai yang telah mendaftarkan calegnya ke KPU Bangkalan yaitu PDIP, PKS, PAN, Gerindra, Hanura, PKB dan PPP. Adapun batas terakhir pendaftaran yaitu Minggu (14/5) hingga pukul 24.00 wib.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.