Sukses

Ubur-Ubur Tebar Teror di Pantai Manggar Balikpapan, Banyak Wisatawan Jadi Korban

Sejumlah pengunjung pantai Segara Sari Manggar Balikpapan mendapat serangan Ubur-ubur saat berenang di pantai Manggar pada Kamis (27/4/2023) siang.

Liputan6.com, Balikpapan - Pantai masih menjadi primadona masyarakat untuk menghabiskan masa libur Lebaran Idul Fitri 2023 ini. Salah satunya Pantai Segara Sari Manggar, yang berlokasi di Jalan Mulawarman, Balikpapan Timur. Sejumlah warga luar kota pun turut berlibur ke pantai ini. Namun, masyarakat diminta tetap waspada, karena selain keindahannya, bahaya turut mengancam di pantai ini, salah satunya serangan binatang laut ubur-ubur.

Beberapa pengunjung pantai Manggar pun menjadi korban lantaran disengat oleh binatang laut bertubuh kenyal tersebut, pada Kamis (27/4/2023) siang sekira pukul 12.20 Wita.

Kejadian bermula, saat pengunjung beraktivitas di pantai seperti biasanya. Saat itu kondisi air sedang surut dan ombak pun tidak begitu kencang. Suasana kebahagiaan berubah lantaran dua orang pengunjung mendapat serangan ubur-ubur.

“Iya betul, korban yang satu pelajar SMA dan satu lagi pelajar SD. Keduanya dari Loa Janan,” terang petugas piket Polairud Polda Kaltim di Pantai Manggar, Bripka Taufik Ismail.

Dua pengunjung langsung berteriak kesakitan lantaran kulitnya mengalami gatal yang luar biasa hingga pada bagian wajah dan vitalnya. Tak hanya gatal yang dirasakan, kulit korban seolah panas usai kena sengatan ubur-ubur.

“Gatal-gatal dia dan kepanasan sampai ke selangkangannya mas. Ini sekarang sudah kami bawa ke puskesmas karena nggak tahan dia,” paparnya.

Untuk mengantisipasi adanya korban lainnya, petugas pun meminta para pengunjung di Pantai Manggar untuk tidak beraktivitas di air sementara waktu. Sebab saat ini ubur-ubur masih banyak berkeliaran di air.

“Kami sudah mengimbau pengunjung yang masih di air saya minta naik ke darat. Karena ubur-ubur ini kalau airnya setengah surut biasanya memang banyak dan dia kan nggak kelihatan,” beber Taufik.

Diketahui, selama musim libur lebaran ini jumlah pengunjung pantai Manggar hingga H+3 lebaran mencapai 23.250 orang. destinasi wisata ini kerap diserbu ribuan pengunjung di saat musim liburan khususnya pada libur lebaran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini