Sukses

Salat Ied di Lapangan Mapolda Sulut, Kapolda Ungkap Situasi Kamtibmas

Salat Lebaran Idul Fitri diikuti oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto bersama keluarga, para pejabat utama dan personel Polda Sulut serta ribuan jamaah lainnya.

Liputan6.com, Manado - Ratusan umat Islam di Manado menggelar salat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H di Markas Polda Sulut, Sabtu (22/4/2023) pagi.

Bertindak selaku imam salat adalah Bripda Muhammad Akmal, dengan khatib KH Yaser Bin Salim Bachmid. Salat Lebaran Idul Fitri diikuti oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto bersama keluarga, para pejabat utama dan personel Polda Sulut serta ribuan jamaah lainnya.

Dalam khutbahnya, Bachmid mengajak seluruh jamaah untuk menjunjung tinggi keberagaman. Dirinya juga mengingatkan kepada jamaah bahwa selama sebulan sudah menjadi orang baik, maka teruskan kebaikan ini.

“Tidak akan tercapai hubungan baik kita dengan Tuhan kalau kita tidak bisa menjalin hubungan yang baik dengan hamba-hamba Tuhan dan sesama,” ujarnya.

Walaupun Sulut ini bisa dibilang sebagai daerah yang kondusif, rukun, dan toleran tapi perlu tetap dijaga dan dirawat. Dikhawatirkan kalau tidak diingatkan dan tidak dirawat bisa terkoyak.

“Apalagi kalau ada pihak-pihak yang tidak menginginkan daerah Sulut ini terdepan dalam hal kerukunan dan toleran,” tutur Bachmid.

Dia juga mengapresiasi banyaknya warga masyarakat di Kota Manado dan sekitarnya yang mengikuti salat ied di lapangan Mapolda Sulut ini. Ini juga menunjukkan kedekatan masyarakat khususnya umat Islam dengan pihak Kepolisian.

“Bahwa polisi ini masih dipercaya, diharapkan, dan dicintai serta memiliki peran yang besar di tengah masyarakat,” ujar Bachmid.

Jalannya salat mendapatkan pengamanan dan penjagaan ketat personel kepolisian. Mulai dari pengaturan lalu lintas, penjagaan di sekitar lokasi salat hingga area parkir kendaraan.

Usai salat, Kapolda Sulut mengaku bersyukur karena anggota Polda Sulut bisa melaksanakan salat Idul Fitri bersama masyarakat dan keluarga.

“Alhamdulillah dengan suasana dan sinar matahari yang cukup cerah, kita bisa melaksanakan salat dengan baik,” kata Setyo Budiyanto.

Terkait pelaksanaan pawai takbiran pada Jumat (21/4/2023) malam di Kota Manado, menurut Irjen Pol Setyo Budiyanto juga berjalan dengan baik.

“Kita juga bersyukur, setelah tiga tahun tidak ada pawai takbiran karena pandemi Covid-19, malam Takbiran bisa dilaksanakan kembali. Dan saya monitor sampai selesai, berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Setyo Budiyanto turut mengimbau warga masyarakat agar merayakan Idul Fitri dengan sederhana dan khidmat. Jangan melakukan kegiatan yang tidak penting dan yang tidak diperlukan. Silahkan melakukan kegiatan kunjung mengunjungi keluarga untuk saling maaf memaafkan.

“Sehingga betul-betul tercipta suasana yang akrab dan harmonis antar masyarakat, antar keluarga, dan antar sesama,” ujarnya memungkasi.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.