Sukses

Melihat Kiprah 40 Tahun Berau Coal, Tak Hanya Soal Tambang Batu Bara

Selama 40 tahun beroperasi di Kabupaten Berau, PT Berau Coal terlibat banyak hal dalam upaya pengembangan ekonomi, pendidikan, pemberdayaan masyarakat, hingga infrastruktur.

Liputan6.com, Berau - Selasa, 5 April 2023, merupakan hari jadi ke-40 PT Berau Coal yang beroperasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Perlu disimak apa saja yang telah dilakukan perusahaan tambang batu bara tersebut selama empat dekade.

Direktur HR PT Berau Coal, Swasono Satyo N mengungkapkan, Hari Ulang Tahun (HUT) Berau Coal Ke-40 mengusung tema Move Together, Grow Further. Kunci keberhasilan keberlangsungan operasional perusahaan ini adalah sinergi dan kolaborasi dari seluruh karyawan, manajemen dan para pemangku kepentingan lainnya.

“Perusahaan ini telah membangun dan memastikan hubungan kerja sama internal yang produktif untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas, sehingga dapat mencapai target yang jauh lebih baik dari sebelumnya dan saya yakin kita mampu bertumbuh dan bergerak bersama untuk masa depan,” ungkapnya.

Syukuran HUT kali ini dilakukan bersama seluruh karyawan dari seluruh office dan site. Kegiatan tersebut dilakukan secara hybrid event, yaitu gabungan antara offline dan online.

Swasono menjelaskan, selama empat dekade ini, Berau Coal terus berbakti dan berkontribusi menjadi bagian penting dari pertumbuhan ekonomi Kabupaten Berau, dan juga menjaga ketahanan energi negeri ini. Kehadiran perusahaan kini telah berkembang menjadi penghias utama wajah peradaban di Bumi Batiwakkal.

Tentu berbagai pencapaian perusahaan baik operasional, keselamatan, dan kesehatan kerja, lingkungan dan pemberdayaan masyarakat yang telah diraih saat ini, merupakan hasil dari sinergi dan kolaborasi seluruh pekerja PT Berau Coal, mitra kerja, dan pemangku kepentingan.

Direktur Operasional dan HSE PT Berau Coal Arief Wiedhartono menambahkan, ulang tahun ke-40 PT Berau Coal merupakan bukti dedikasi perusahaan terhadap praktik pertambangan berkelanjutan, yang memperhatikan aspek-aspek keselamatan dan kesehatan kerja, lingkungan, serta pemberdayaan masyarakat.

“Kami berharap dapat melanjutkan perjalanan karya menuju pertumbuhan dan perkembangan yang selalu bergerak ke arah yang lebih baik, melalui tema Move Together, Grow Further,” kata Arief.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kontribusi seluruh pihak dalam mendukung kemajuan perusahaan.

“PT Berau Coal akan terus melangkah ke depan, dan tetap berkomitmen pada nilai-nilai kolaborasi, integritas, dan inovasi. Kami juga berupaya untuk memastikan bahwa perusahaan ini memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan dan perkembangan Kabupaten Berau dan Indonesia secara keseluruhan,” tambahnya.

Bupati Berau Sri Juniarsih menyebut PT Berau Coal sebagai mitra pemerintah telah banyak mendukung kemajuan Kabupaten Berau dengan memberikan manfaat yang positif untuk sekitarnya. Perusahaan ini juga menjadi contoh dalam praktik penambangan yang baik dalam mempertahankan aspek K3, lingkungan, dan sosial.

“Di usia yang semakin matang ini kami berharap sinergi dapat semakin solid bersama seluruh pemangku kepentingan khususnya pemerintah untuk mendukung Berau Berdaya Saing, Kaltim Berdaulat, Indonesia Maju,” kata Sri Juniarsih.

Senada dengan hal itu, Gubernur Kaltim Isran Noor juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kontribusi dari PT Berau Coal yang terus tumbuh dan berkembang bersama dan mendukung kemajuan daerah. Selain itu juga menjadi sumber manfaat untuk Kalimantan Timur khususnya dengan terus memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Bumi Etam Kalimantan Timur.

“Kami ucapkan Dirgahayu yang ke-40 PT Berau Coal, terus berikan karya terbaik dan kontribusi positif demi kemajuan pembangunan Kalimantan Timur,” ujar Isran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kontribusi Pendidikan

Di bidang pendidikan, PT Berau Coal bersama Sinar Mas mendirikan Poltek Simas Berau Coal. Tujuannya untuk menciptakan sumber daya manusia lokal yang memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan industri, agar siap kerja dan mampu bersaing secara global.

Diiringi dengan pemberian beasiswa kepada mahasiswa yang kurang mampu dari lingkar tambang, serta kesempatan praktik kerja industri di lingkup operasional PT Berau Coal dan mitra kerja.

Politeknik Sinar Mas Berau Coal di tahun ke-5 telah menyelenggarakan wisuda ke-2, dengan total 20 alumni pada wisuda pertama, dan 79 alumni pada wisuda ke 2. PT Berau Coal juga menyediakan  beberapa program pendampingan untuk para lulusan dari perguruan tinggi, salah satunya Program Pelatihan Pengawas Keselamatan Pertambangan (P3KP).

Termasuk di antaranya beberapa di antara alumni Politeknik Sinar Mas Berau Coal menjadi bagian dari program tersebut.

Selain itu, PT Berau Coal juga telah menyelenggarakan Program Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pra Kerja sebagai bekal bagi calon alumni Politeknik Sinar Mas Berau Coal untuk siap terjun di dunia kerja. Komitmen dalam mendukung penyiapan tenaga kerja ini pun juga dilaksanakan oleh para mitra kerja kami secara konsisten.

Seperti mengadakan Kuliah Praktek Industri dan Praktek Kerja Industri. Sehingga diharapkan pengembangan dan penyerapan tenaga kerja lokal di Kabupaten Berau dapat terjadi link & match antara ketersediaan tenaga kerja dan dunia kerja.

“Mereka yang lulus, sudah bisa langsung siap terjun di dunia kerja, dan industri. Tantangan terakhir bagi wisudawan bagaimana menunjukkan kapasitas terbaik lulusan poltek di dunia industri,” ujar Direktur Poltek Simas Berau Coal, Kris Adi Nugraha.

Tak hanya itu, pelajar yang berasal dari daerah yang jauh juga dibantu penyediaan kebutuhan pendidikan, transportasi, dan asrama tempat tinggal. Di sisi lain beragam sosialisasi, peningkatan kapasitas dan pelatihan keterampilan telah digelar.

Berau Coal juga menginisiasi Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM). Semua hal ini sebagai upaya nyata dari perusahaan dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Berau dan mencetak SDM berkualitas.

3 dari 5 halaman

Prioritaskan Pengembangan Ekonomi

UMKM telah menjadi prioritas pemerintah untuk dikembangkan secara sistemik. Melalui kerja sama yang baik, PT Berau Coal telah banyak melakukan pendampingan kepada kelompok UMKM yang tersebar di seluruh Kabupaten Berau.

Di antaranya yakni PKL Basuli Tepian Sambaliung yang sudah berkolaborasi bersama PT Berau Coal sejak Tahun 2020. Perusahaan ini membantu mulai dari menyediakan fasilitas rombong tempat berjualan, gazebo, sanitasi jamban sehat, dan fasilitas pendukung lainnya.

PT Berau Coal juga mendampingi melalui kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas, mutu dan keterampilan. Hal ini dilakukan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan wisata di Kelurahan Sambaliung, serta upaya menciptakan masyarakat yang sejahtera dan mandiri secara berkelanjutan.

Tak hanya itu, juga dilakukan pendampingan dengan mendukung pengembangan dan budidaya kakao dari hulu hingga ke hilir kepada para petani kakao. Kedepannya kakao dapat menjadi komoditas unggulan yang menjadi penopang ekonomi di Kabupaten Berau

Komoditas Kakao Berau kemudian telah berhasil mendapatkan Sertifikat Indikasi Geografis dari Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Kanwil Kemenkumham RI. Diterimanya sertifikat tersebut tak terlepas dari kontribusi nyata PT Berau Coal dalam programnya membudidayakan kakao di Berau.

Tak luput mendapat perhatian serius yakni Badan Usaha Milik Kampung (BUMK), kelompok tani, kelompok ternak. Dalam berbagai kesempatan PT Berau Coal memberikan pelatihan dan  pengembangan SDM serta kesempatan kerja sama dalam membangun bisnis usahanya.

4 dari 5 halaman

Dukungan Infrastruktur

Komitmen PT Berau Coal dalam merealisasikan program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) juga ditunjukkan dengan membangun berbagai infrastruktur fasilitas dasar kebutuhan masyarakat luas.

Seperti membangun fasilitas air bersih, jaringan listrik, jembatan, kantor pemerintahan, rumah ibadah, sarana kesehatan berupa puskesmas dan posyandu, balai adat, gedung serbaguna, fasilitas jamban sehat, kemudian juga membuka akses yang baik bagi jalan kampung dan jalan usaha tani, serta menyediakan sarana tempat tinggal layak huni bagi Warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) Lati.

Salah contoh infrastruktur yang membantu masyarakat memenuhi fasilitas dasar mereka yaitu Water Treatment Plant (WTP) untuk pemenuhan air bersih masyarakat di kampung lingkar tambang.

WTP dibangun oleh PT Berau Coal dengan berkolaborasi bersama DPUPR Berau, hingga kini terdapat 13 WTP yang telah dibangun, dan sebanyak 13 kampung telah menikmati fasilitas air bersih.

Kampung yang mendapat WTP ini antara lain Kampung Pulau Besing, Kampung Sambakungan, KAT Km 2 Lati, Kampung Birang, KAT Birang, Kampung Pegat Bukur, Kampung Inaran, Wilayah  Meraang dan Nasding Tumbit Melayu, Kampung Tumbit Melayu, Kampung Tumbit Dayak, Kampung Long Lanuk.

PT Berau Coal kerap menggelar sosialisasi dan kegiatan untuk meningkatkan kapasitas, mutu, dan keterampilan, dalam rangka melestarikan kesenian dan kearifan lokal.

Kelestarian budaya kearifan lokal merupakan bagian penting dari perjalanan PT Berau Coal selama ini. Kepedulian terhadap wisata dan budaya di Kabupaten Berau dibuktikan PT Berau Coal dengan mendukung berbagai event dan kegiatan baik itu kegiatan budaya, kesenian, Seperti membangun landmark Gunung Tabur sebagai salah satu ikon bersejarah.

Hal ini dilakukan agar mendorong semangat dan antusias warga kampung dalam membangun pariwisata di kampung-kampung di Kabupaten Berau, PT Berau Coal kemudian menggelar perlombaan kampung pariwisata.

Berbagai event kebudayaan di banyak Kampung juga mendapat dukungan dan perhatian dari PT Berau Coal. Event yang diselenggarakan PT Berau Coal pun telah menjadi daya tarik wisata tersendiri, seperti event running Siaga Run 5K PT Berau Coal baru-baru ini, dan Tour de Biduk yakni perlombaan sepeda.

PT Berau Coal juga turut melestarikan Kerajinan Tangan Lokal dengan mendampingi warga (Komunitas Adata Terpencil) KAT dan menyediakan hunian yang layak. Kemudian menginisiasi rumah tenun dan pengembangan batik seperti yang ada di Kampung Maluang.

PT Berau Coal berkontribusi dengan memberikan bantuan berupa mesin klowong sekaligus memberikan pelatihan dan pengoperasian mesin batik.

5 dari 5 halaman

Praktik Pertambangan Berkelanjutan

Di antara prestasi dan penghargaan yang diterima oleh PT Berau Coal di tahun 202 yakni, kembali berhasil mendapatkan penghargaan Good Mining Practices Award 2022 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). PT Berau Coal meraih tiga prestasi keberhasilan sekaligus dalam Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik dalam ajang tersebut.

Penghargaan pertama sebagai Penerima Piagam Aditama pada aspek pengelolaan lingkungan hidup pertambangan, kelompok badan usaha pemegang PKP2B, IUPK komoditas batu bara. Penghargaan kedua, sebagai Penerima Piagam Aditama pada aspek penerapan konservasi mineral dan batu bara kelompok badan usaha pemegang PKP2B, IUP, dan IUPK komoditas batu bara.

Dan penghargaan terakhir, sebagai Penerima Piagam Aditama pada aspek pengelolaan standarisasi dan usaha jasa pertambangan, kelompok badan usaha pemegang KK, PKP2B, IUP, dan IUPK komoditas mineral dan batu bara.

Dalam kesempatan yang lain, komitmen PT Berau Coal dalam pengembangan dan pemberdayaan kemandirian masyarakat lewat Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) juga mendapatkan apresiasi melalui Penghargaan Subroto. PT Berau Coal berhasil memenangkan kategori penghargaan yang baru ada tahun ini yaitu penghargaan untuk Program PPM Batubara Terinovatif tahun 2022.

Subroto Award merupakan wujud apresiasi dari pemerintah atas program yang telah dijalankan perusahaan, serta memberikan sentuhan inovasi untuk dapat mengoptimalkan kontribusi kepada masyarakat di Kabupaten Berau.

“Dengan prestasi ini, kami berupaya agar dapat konsisten menjalankan program-program yang berdampak dan berkelanjutan untuk masyarakat,” tuturnya.

Di penghujung tahun PT Berau Coal juga menerima tiga Penghargaan Anugerah Program Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER). Ketiga penghargaan tersebut yakni satu peringkat emas untuk Site Lati, dan 2 peringkat hijau masing-masing untuk site Binungan dan Site Sambarata.

Penghargaan Proper yang rutin di raih ini, menjadi bukti nyata PT Berau Coal telah secara konsisten menunjukkan keunggulan pengelolaan lingkungan dalam operasional, serta melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini