Sukses

Manis dan Segar, Yuk Intip Dessert Lokal Paling Populer!

Ada cukup banyak dessert lokal yang rasanya tidak kalah dengan hidangan penutup seperti puding atau es krim susu dengan berbagai rasa.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak makanan khas yang bisa ditemukan di setiap daerah di Indonesia, termasuk berbagai macam makanan pencuci mulut atau dessert yang menyegarkan. Yuk, intip berbagai dessert segar yang terkenal di Indonesia.

Dingin, manis, dan menyegarkan. Siapa yang bisa menolak makanan jenis ini? Terutama ketika cuaca sedang terik.

Dessert menyegarkan juga paling cocok untuk dijadikan sebagai salah satu pilihan menu berbuka puasa di bulan Ramadan. Rasanya yang menyegarkan pasti dapat menaklukan tenggorokan kering dan mengobati lidah yang terasa pahit seharian.

Tapi tahukah kamu dessert khas Indonesia apa saja yang populer? Yuk cek daftarnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Dessert Dingin Khas Indonesia yang Populer

1. Es Cendol 

Es Cendol merupakan dessert yang cukup populer dari Bandung. Minuman ini terbuat dari tepung beras dan biasanya disajikan bersama santan dan gula merah.

2. Es Campur 

Dessert yang satu juga cukup populer. Sesuai dengan namanya, Es Campur merupakan campuran dari berbagai jenis buah seperti alpukat, kelapa muda, irisian nangka, sagu mutiara merah dan kolang kaling.

Campuran itu kemudian disiram dengan susu kental manis dan ditambah es serut atau es batu. 

3. Es Podeng 

Es Podeng adalah nama lain dari Es Puter yang merupakan dessert khas Jakarta, meski nama podeng diambil dari bahasa Madura.

Es Podeng terbuat dari santan sebagai pengganti susu, yang kemudian ditambahkan berbagai bahan lainnya seperti durian, alpukat, dan lainnya  untuk menciptakan rasa yang tidak kalah dengan es krim susu.

Es Podeng juga biasanya dilengkapi dengan agar-agar, roti, buah atep, kacang tanah yang disangrai, dan sentuhan susu kental manis di atasnya.

4. Es Kacang Merah

makanan asal Palembang ini cukup populer karena tak hanya rasanya yang menyegarkan tetapi juga menyehatkan. Karena kandungan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan.

5. Es Pisang Hijau

Dessert ini merupakan makanan khas Makassar yang cukup populer. Saking populernya, es pisang hijau banyak ditemukan di daerah lainnya.

Makanan yang satu ini berupa pisang kukus yang dibalut kulit adonan berwarna hijau. Pisang kemudian disajikan bersama saus putih serupa bubur sumsum dan sirup merah. Ada juga yang ditambahkan dengan taburan kacang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.