Sukses

10 Inspirasi Menu Sahur Kenyang dan Tahan Lama

Membuat menu sahur tentunya tidak bisa sembarangan begitu saja karena makanan sahur dapat menjaga tubuh dalam menjaga nafsu makan hingga berbuka.

Liputan6.com, Bandung - Membuat menu sahur tentunya tidak bisa sembarangan begitu saja karena makanan sahur dapat menjaga tubuh dalam menjaga nafsu makan hingga berbuka. Adapun makanan sahur juga harus bisa mempunyai gizi yang seimbang agar tetap sehat.

Tidak heran maka sebagai ibu rumah tangga atau sebagai seseorang yang mempersiapkan menu sahur perlu melihat makanan apa yang akan dikonsumsi nantinya. Selain enak, menu sahur harus mempunyai nilai gizi yang baik.

Maka dari itu dalam artikel ini akan membahas sekitar 10 menu sahur yang bisa menjadi inspirasi. Beberapa menu ini merupakan menu rekomendasi dari Ahli Gizi sekaligus influencer Putri MJ, S.Gz.

Adapun makanan sahur sebaiknya dalam satu piring mempunyai menu makanan setengah sayur, seperempat protein, dan seperempat karbo.

Berikut ini adalah 10 menu sahur rekomendasi yang tidak hanya bergizi namun juga bisa membuat kenyang tahan lama:

1. Nasi Rendang dan Sup Telur

Rendang memang menjadi makanan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia menu makanan rendang bisa menjadi inspirasi untuk menu sahur yang nikmat. Adapun juga tambahkan menu sup telur yang mudah dibuat agar gizi bisa seimbang.

2. Nasi ayam panggang dan sup sayur

Ayam panggang memang dikenal sebagai makanan yang tidak hanya rendah lemak dan kalori namun juga mengandung sejumlah protein. Kemudian makanan ini dipadu dengan sup sayur yang dapat memenuhi kebutuhan sayur untuk tubuh.

3. Nasi merah, telur dadar, dan tumis buncis

Menu yang satu ini cukup sederhana untuk dibuat karena tinggal membuat telur dadar dan juga tumis buncis sesuai dengan selera. Adapun menggunakan nasi merah yang bisa dicampur dengan nasi putih atau sesuai dengan selera pribadi.

4. Nasi telur, tumis tempe, dan tumis pakcoy

Menu nasi telur, tumis tempe, dan tumis pakcoy bisa menjadi inspirasi menu sahur sederhana yang mudah untuk dibuat. makanan-makanan tersebut dapat dibuat dengan mudah namun mempunyai gizi yang sangat banyak.

5. Nasi beef bulgogi dan tumis selada air

Menu yang satu ini cocok untuk kamu yang mungkin suka makanan daging-dagingan sehingga menu beef bulgogi bisa kamu coba untuk menu sahur. Adapun selain daging tambahkan juga tumis selada air agar gizi bisa lebih terpenuhi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

6. Nasi tumis brokoli dan dada ayam bumbu taichan

Seperti diketahui brokoli menjadi sayuran yang kaya akan vitamin K kamu bisa membuat tumis brokoli dan didampingi dengan makanan ayam bumbu taichan yang gurih dan juga menggugah selera.

7. Bibimbap

Bibimbap merupakan makanan khas asal Korea Selatan namun mengandung sejumlah lauk pauk yang sangat bernutrisi. Dalam semangkuk Bibimbap berisi dari nasi putih, sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan juga saus pedas khas Korea yaitu gochujang.

Singkatnya bibimbap sendiri dikonsumsi dengan mencampurkan nasi dan lauk pauk menjadi satu sehingga menjadi nasi campur. Makanan ini bisa menjadi ide sahur unik namun tetap kaya akan gizi baik.

8. Nasi merah, ayam teriyaki, dan tumis sawi

Nasi merah merupakan makanan yang dikenal sebagai makanan kaya akan serat adapun mengkonsumsi nasi merah bisa dibarengi dengan ayam teriyaki dan jug sayur tumis sawi sehingga menu pun menjadi lengkap untuk dikonsumsi.

9. Nasi bayam dan tumis daging sapi

Menu bayam dan tumis daging sapi bisa menjadi salah satu ide makanan sahur yang bisa dipilih. Bayam sendiri dikenal sebagai sayuran yang baik untuk kesehatan karena bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga tekanan darah.

10. Nasi goreng cumi dan lalapan timun dan tomat

Nasi goreng bisa menjadi menu sahur yang cukup sederhana dan cepat dibuat adapun topingnya bias menggunakan cumi serta jangan lupa untuk menambahkan lalapan timun dan juga tomat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.