Sukses

AHANA Penyedia Merek Lokal Siap Ekspansi Usai Disuntik Investasi Delta Dunia

AHANA merupakan platform penyedia merek lokal yang dikurasi dengan mengedepankan keberlanjutan lingkungan oleh TORAJAMELO.

Liputan6.com, Jakarta - Brand AHANA besutan TORAJAMELO mendapat investasi dari PT Delta Dunia Makmur Tbk (Delta Dunia) sebesar Rp7,5 miliar. Dana itu diberikan dalam bentuk utang yang dapat dikonversi menjadi saham.

Kerja sama atau investasi yang diberikan PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU) anak usaha dari PT Delta Dunia Makmur Tbk ini dalam rangka mendorong pertumbuhan usaha di bidang lingkungan dan kewirausahaan sosial.

PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU) berfokus pada aspek sosial dengan mempromosikan pendidikan, pelatihan vokasional, pengelolaan limbah, dan daur ulang.

Sedangkan TORAJAMELO, lini bisnis penyedia berbagai kebutuhan gaya hidup, pemenang sertifikasi B Corp yang mengedepankan keberlanjutan lingkungan dan mendukung pemberdayaan masyarakat adat, khususnya perempuan, sekaligus penggagas AHANA.

"Dana ini dapat dimanfaatkan untuk ekspansi bisnis, meningkatkan dampak sosial dan biaya operasional AHANA," Direktur Utama PT Delta Dunia Makmur Tbk, Ronald Sutardja, Jumat (30/3/2023).

AHANA berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti cahaya yang tidak pernah padam. AHANA merupakan platform penyedia merek lokal yang dikurasi dengan mengedepankan keberlanjutan lingkungan oleh TORAJAMELO.

Dalam perjalanannya TORAJAMELO telah melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan untuk menghadirkan cinderamata lokal berkualitas yang mengedepankan dampak positif bagi lingkungan.

Kehadiran AHANA diharapkan dapat memperluas kolaborasi dengan pihak yang memiliki kesamaan visi terhadap pengembangan produk-produk tradisional yang berkualitas dan mendukung prinsip kelestarian lingkungan hasil buatan wirausaha perempuan Indonesia untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas.

AHANA juga berencana meluncurkan re:mello yang merupakan inisiatif untuk membantu perusahaan dalam memajukan agenda sirkular.

"Dukungan yang kami berikan kepada TORAJAMELO merupakan komitmen kami terhadap akselerasi ESG baik dari sisi lingkungan berkelanjutan serta dampak sosial termasuk mendukung pemberdayaan perempuan di Indonesia, terutama di daerah-daerah di mana pengembangan kapasitas dan akses ke pasar masih terbatas," ujarnya.

Pihaknya berharap bantuan yang diberikan bukan saja mendukung pengembangan wirausaha perempuan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dan keluarga, namun juga mendukung kelestarian lingkungan. Dengan demikian, kami dapat meningkatkan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar dan komunitas.

Delta Dunia sebelumnya telah mendukung pemberdayaan komunitas perempuan melalui Wifepreneur yang dibina oleh anak usahanya, PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA).

Program Wifepreneur memberikan kesempatan kepada para istri karyawan dan karyawan perempuan BUMA untuk mengembangkan kompetensi yang diperlukan untuk menjadi wirausaha yang berdaya saing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejahterakan Wirausaha Perempuan

Hingga 2022, sebanyak 157 perempuan telah berpartisipasi dalam program ini dan menghasilkan 126 merek, termasuk produk makanan dan minuman, fesyen, jasa, dan cinderamata. Lebih lanjut, Delta Dunia, melalui BUMA, juga memiliki inisiatif Pemberdayaan Bisnis Berbasis Komunitas.

Inisiasi ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan bagi komunitas perempuan telah menghasilkan sejumlah brand seperti Eco Sae Migunani (bisnis daur ulang), Putri Maluang Batik (pengrajin batik), dan Asosiasi Perempuan Desa Inaran, yang berkomitmen untuk mendukung wirausahawan perempuan di Desa Inaran.

Sementara Direktur TORAJAMELO, Dinny Jusuf mengatakan kehadiran AHANA diharapkan akan menyediakan akses pasar yang lebih luas bagi wirausaha perempuan sekaligus memajukan komunitas pengusaha perempuan untuk menghasilkan produk yang bernilai sosial tinggi dan ramah lingkungan sehingga dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi pengrajin sekaligus wirausaha perempuan (artisan).

"Di sisi lain, kehadiran AHANA tentu membantu BIRU dan Delta Dunia untuk melakukan investasi berdampak positif guna mengakselerasi program ESG baik dari sisi lingkungan berkelanjutan sekaligus meningkatkan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar dan komunitas," jelasnya.

Ia berharap berharap kerja sama Delta Dunia melalui BIRU dengan TORAJAMELO dapat mengakselerasi skala investasi berdampak positif sekaligus mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi sirkular dan meningkatkan pemberdayaan perempuan lokal di Indonesia," ujar Dinny.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.