Sukses

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Siap Dibuka, Simak Informasinya di Sini

Informasi pendaftaran untuk sekolah kedinasan baru saja diumumkan pada Selasa (27/3/2023) melalui situs resmi Kemenpan RB.

Liputan6.com, Bandung - Informasi pendaftaran untuk sekolah kedinasan baru saja diumumkan pada Selasa (27/3/2023) melalui situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Dalam pengumumannya, pemerintah telah resmi membuka penerimaan calon taruna, praja, dan mahasiswa untuk jalur sekolah kedinasan.

Kebutuhan sekitar 4.138 orang dan telah disetujui oleh tujuh instansi yang menaungi sekolah kedinasan tersebut. Pendaftaran akan dibuka pada awal 1 hingga 30 April 2023.

Informasi tersebut disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas. Ia mengatakan masyarakat harus mempersiapkan diri dalam mengikuti seleksi tersebut.

“Untuk sementara, sudah kami petakan ada 4.138 kebutuhan di sekolah kedinasan pada tujuh instansi. Masih ada sekolah kedinasan yang sedang kita kaji bersama kementerian terkait,” kata Azwar.

Azwar juga menegaskan jika seleksi bersifat transparan dan objektif sesuai dengan kemampuan dari pelamar ketika mengikuti tes. Serta dengan tegas mengatakan tidak ada calo ataupun bentuk kecurangan lainnya.

“Kami tegaskan bahwa tidak ada calo, atau bentuk kecurangan lainnya. Sebab sistem yang sudah kami bangun sangat transparan, bahkan nilainya bisa dilihat secara real-time. Jadi jangan percaya kalau ada yang menjanjikan bisa memasukan ke sekolah-sekolah kedinasan,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023

Melansir dari situs resmi dikdin.bkn.go.id, sistem seleksi Sekolah Kedinasan dimulai dengan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang akan dimulai sekitar Mei-Juni 2023. Kemudian dilanjutkan dengan sejumlah tes seperti tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Perlu diketahui, peserta yang dinyatakan lulus dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tersebut adalah peserta yang memenuhi nilai ambang batas. Serta peserta yang juga mempunyai peringkat terbaik sehingga berhak dalam mengikuti seleksi selanjutnya.

Berikut ini adalah jadwal pendaftaran Sekolah Kedinasan dari situs dikdin.bkn.go.id:

1. Pengumuman pendaftaran Sekolah Kedinasan diumumkan pada 27 Maret 2023.

2. Pendaftaran untuk Sekolah Kedinasan mulai dibuka diantara tanggal 1 April 2023 hingga 30 April 2023.

3. Pelaksanaan Ujian SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dilaksanakan pada bulan Juni 2023 (tentatif).

4. Pelaksanaan Seleksi Lanjutan diatur oleh masing-masing Sekolah Kedinasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.