Sukses

Keutamaan Membaca Surat Al-Baqarah

Liputan6.com, Bandung - Membaca Al-Qur'an menjadi salah satu kegiatan yang sangat disukai Allah karena tidak hanya memberikan pahala yang berlipat ganda, tetapi juga membuat suasana menjadi damai dan tenang. Ada beberapa surat dalam Al-Qur'an yang sangat istimewa sebagaimana dari hadist Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam (SAW).

Dari banyaknya sekali surat yang istimewa dalam Al-Qur'an, salah satu di antaranya adalah surat Al-Baqarah. Melansir dari Nu online surat Al-Baqarah mempunyai berbagai keutamaan.

Keutamaan tersebut seperti diriwayatkan oleh Abu Umamah yang menyebutkan berikut:

اقْرَءُوا الزَّهْرَاوَيْنِ: الْبَقَرَةَ وَآلَ عِمْرَانَ؛ فَإِنَّهُمَا يَأْتِيَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَيَايَتَانِ، أَوْ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ يُحَاجَّانِ عَنْ أَصْحَابِهِمَا اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ؛ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَاحَسْرَةٌ وَلَا تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ

"Bacalah 'dua tangkai bunga indah', yakni surat al-Baqarah dan Ali 'Imran. Sebab, keduanya akan datang pada hari Kiamat laksana penaung, atau seperti awan pelindung, atau seperti kelompok burung yang membeberkan sayap-sayapnya dan membela pembaca keduanya. Maka bacalah surat al-Baqarah, sebab didalamnya terdapat keberkahan. Sedangkan meninggalkannya adalah kerugian. Bahkan, para pelaku kebatilan (para ahli sihir) pun tak mampu menembusnya," (HR. Ahmad)

Adapun keutamaan lainnya dalam membaca ayat-ayat pilihan yang ada dalam surat Al-Baqarah mempunyai banyak keutamaan. Hal tersebut seperti dikemukakan oleh Ibnu Mas'ud seperti berikut:

مَنْ قَرَأَ أَرْبَعَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ، وَآيَةَ الْكُرْسِيِّ، وَآيَتَانِ بَعْدَ آيَةِ الْكُرْسِيِّ، وَثَلَاثًا مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ، لَمْ يَقْرَبْهُ وَلَا أَهْلَهُ يَوْمَئِذٍ شَيْطَانٌ، وَلَا شَيْءٌ يَكْرَهُهُ، وَلَا يُقْرَأْنَ عَلَى مَجْنُونٍ إِلَّا أَفَاقَ  

"Siapa saja yang membaca empat ayat pertama surat al-Baqarah, kemudian ayat Kursi, kemudian dua ayat setelah ayat Kursi, kemudian tiga ayat terakhir surat al-Baqarah, maka dia dan keluarganya tidak akan didekati pada hari itu oleh setan. Tidak pula didekati oleh sesuatu yang tidak disukainya. Dan tidaklah dua ayat dibacakan pada orang tunagrahita kecuali akan sadar (atas izin Allah)," (HR. Ad-Darimi)

Bahkan, tidak sampai di situ saja, terdapat keutamaan lain dalam membaca surat Al-Baqarah seperti diriwayatkan oleh Abdur Razzaq berikut.

"Siapa saja yang membaca akhir surat al-Baqarah pada suatu malam maka balasan membaca akhir surat itu akan mencukupkan untuknya pahala shalat malam pada malam tersebut."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.