Sukses

Bayern Munchen Pecat Julian Nagelsmann, Thomas Tuchel Ditunjuk Jadi Pengganti

Liputan6.com, Bandung - Kabar pemecatan manajer Bayern Munchen Julian Nagelsmann mencuat. Pihak klub sendiri kabarnya akan menunjuk mantan manajer Chelsea Thomas Tuchel untuk menjadi pelatih.

Melansir dari Theguardian, Nagelsmann dipecat setelah penampilan buruk dengan puncak kekalahan 2-1 di Bayer Leverkusen minggu lalu. Karena hal tersebut, Bayern Munchen pun kehilangan posisi teratasnya di Bundesliga menjelang jeda Internasional.

Adapun saat ini Tuchel ditunjuk jadi pelatih setelah menganggur sejak dipecat dari manajer Chelsea September lalu.

Kabarnya, Tuchel pun bersedia bergabung dengan segera dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Melalui keterangan jurnalis Fabrizio Romano, terungkap bahwa Bayern Munchen sudah dikonfirmasi mengambil Thomas Tuchel untuk mengisi posisi tersebut. Adapun Thomas Tuchel juga sudah menerima pekerjaan barunya tersebut.

“Berita eksklusif terkonfirmasi: Thomas Tuchel menjadi kepala pelatih baru FC Bayern, kesepakatan penuh sudah ada. Dia sudah menerima pekerjaan itu. #FCBayern Kontrak disetujui, dokumen sedang disiapkan malam ini,” tulis Romano dikutip, Jumat (24/3/2023).

Melalui kabar tersebut, banyak warganet yang menilai keputusan pemecatan dan pergantian pelatih tersebut sangat cepat. Namun banyak juga yang tidak sabar melihat kembali Thomas Tuchel berada di lapangan.

Sebelumnya, Tuchel dan Nagelsmann ternyata mempunyai hubungan yang cukup unik karena sempat berbagi pekerjaan. Waktu itu, Tuchel menjadi pelatih bagi Nagelsmann.

Namun, karena mengalami cedera lutut, Nagelsmann pun harus pensiun dini dan saat itu ia bermain dengan Augsburg II atau tim cadangan. Ia pun kemudian bertemu dengan Tuchel karena sempat melatih Augsburg II.

Tuchel pun memberikan pekerjaan kepada Nagelsmann untuk membuat analisis mengenai permainan lawan. Dari situ, ia banyak berlatih dari Tuchel dan akhirnya membuatnya menjadi seorang pelatih.

Profil Thomas Tuchel

Thomas Tuchel merupakan kelahiran 28 Agustus 1973 di Krumbacah, Jerman Barat. Ia dikenal sebagai manajer sepak bola profesional Jerman.

Tuchel juga sempat menjadi pemain sepak bola yang berposisi sebagai bek ketika dia bermain untuk Stuttgarter Kicker dan SSV Ulm.

Adapun dalam karier manajernya, ia sempat menjadi manajer untuk klub besar di dunia seperti FC Augsburg II, Mainz 05, Borussia Dortmund, Paris Saint Germain, dan Chelsea.

Ada banyak penghargaan yang diterima Thomas Tuchel dalam karier manajernya seperti penghargaan individunya berikut ini:

1. VDV Bundesliga Coach of the Season (2015-2016)

2. Premier League Manager of the Month: (Maret 2021), (Oktober 2021)

3. German Football Manager of the Year: (2021)

4. UEFA Men’s Coach of the Year: (2020-2021)

5. IFFHS Men’s World’s Best Club Coach (2021)

6. The Best FIFA Football Coach (2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.