Sukses

5 Rekomendasi Tempat Menikmati Nasi Guri Aceh di Jakarta

Berikut rekomendasi tempat menikmati nasi guri Aceh di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Nasi gurih atau bu guri merupakan kuliner Aceh. Sajian ini berupa nasi yang dimasak dengan santan dan tambahan bumbu rempah-rempah.

Perpaduan berbagai bumbu membuat sajian ini memiliki aroma dan rasa yang gurih, seperti namanya. Dalam seporsi nasi gurih juga disajikan dengan aneka sayur dan lauk, seperti kering kentang, kacang goreng, rendang, ayam, tumisan sayur, sambal, dan lainnya.

Sajian ini banyak ditawarkan di warung makan dan restoran Aceh. Berikut rekomendasi tempat menikmati nasi guri Aceh di Jakarta:

1. Nasi Gurih Pak Zul Aceh

Nasi Gurih Pak Zul berlokasi di Jalan Pluit Karang Jelita Nomor 7, Penjaringan, Jakarta. Warung ini merupakan warung makan khas Aceh yang terkenal legendaris karena telah beroperasi sejak 1952.

Warung nasi gurih ini menawarkan berbagai pilihan lauk-pauk, mulai dari dari dendeng, kacang goreng, sayur, ayam, kerupuk, sambal, emping, telur dadar, kikil, dan lainnya.

2. Nasi Begadang Kayana

Nasi Begadang Kayana bisa ditemui di kawasan Matraman, Jakarta Timur. Nasi Begadang Kayana telah beroperasi sejak 12 Oktober 2019.

Nasi gurih yang ditawarkan di sini memiliki cita rasa rempah yang kuat. Nasinya juga terasa pulen dengan aromanya yang harum.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

The Atjeh Connection

3. The Atjeh Connection

The Atjeh Connection merupakan restoran Aceh yang sudah memiliki beberapa cabang di Jakarta, salah satunya di bilangan Menteng, Jakarta Pusat. Restoran ini menawarkan berbagai menu khas Aceh, yakni nasi gurih dan lainnya.

Untuk lauknya, pengunjung bisa memilih telur balado, ikan balado, dan rendang. Selain itu, ada juga mi Aceh, kari kambing, gulai kepala ikan, dan lainnya.

4. Jambo Kupi

Salah satu cabang restoran Jambo Kupi berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Terdapat dua pilihan nasi gurih, yakni nasi guri spesial dan nasi guri ayam tangkap.

Untuk lauknya, kamu bisa memilih antara ikan sambal, rendang, dan ikan kayu. Uniknya, nasi gurih yang disajikan adalah nasi gurih dalam bentuk tumpeng mini dengan aneka lauknya di sekelilingnya.

5. Kyun Kyun Nasi Gurih Aceh

Kyun Kyun Nasi Gurih Aceh berlokasi di kawasan Muara Karang, Jakarta Utara. Terdapat dua varian nasi gurih di tempat ini, yakni nasi sayur komplet dan nasi sayur ayam.

Seporsi nasi gurih disajikan dengan rendang, dendeng, kering kentang pedas, telur balado, tumis buncis, dan lainnya. Selain nasi gurih, Kyun Kyun Nasi Gurih Aceh juga menawarkan menu lontong sayur berbagai varian.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.