Sukses

20 Maret Diperingati sebagai Hari Kebahagiaan Internasional, Ini Sejarahnya

20 Maret diperingati sebagai Hari Kebahagiaan Internasional atau International Happiness Day.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap 20 Maret diperingati sebagai Hari Kebahagiaan Internasional atau International Happiness Day. Peringatan Hari Kebahagiaan ini mempunyai sejarahnya tersendiri yang ditetapkan secara langsung dalam sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 28 Juni 2012.

Adapun dalam perayaannya, Hari Kebahagiaan ini bisa dirayakan dengan berbagai macam hal. Pada 2023 ini, Hari Kebahagiaan Internasional mengangkat tema "Be Mindful, Be Grateful, dan Be Kind" atau Berhati-hatilah, Bersyukur, dan Bersikaplah yang Baik. Sehingga tujuan ini agar manusia dapat menciptakan dunia yang lebih baik bersama-sama.

Dengan menerapkan be mindful, kita sebagai manusia bisa berhati-hati dalam bertindak terutama memperhatikan bagaimana perasaan kita pada saat ini dan ke depannya.

Kemudian, be grateful sebagai manusia harus bersyukur atas segala hal terutama ketika melihat sekeliling dan mensyukuri apa yang sudah kita dapatkan.

Sedangkan, be kind yang merupakan perbuatan baik yang dapat kita lakukan kepada sekitar. Sehingga sebagai manusia berbuat baik bisa memberikan perasaan yang bahagia kepada lingkungan sekitar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah Hari Kebahagiaan Internasional

Hari Kebahagiaan Internasional ternyata berawal dari usulan seorang penasihat khusus PBB bernama Jayme Illien pada 28 Juni 2012.

Ia mengusulkan sebuah konsep atau ide di mana membuat acara internasional yang bertujuan untuk mengejar kebahagiaan untuk semua umat manusia.

Usulannya tersebut pun didukung oleh Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan juga turut didukung oleh 193 negara anggota PBB. Adapun peringatan ini juga diusulkan untuk menjadi jadwal tahunan resmi dalam kalender PBB.

PBB akhirnya menetapkan Hari Kebahagiaan Internasional tersebut pada 20 Maret karena tanggal tersebut bertepatan dengan vernall equinox. Vernall equinox sendiri menandai awal dari musim semi yang menggambarkan periode pembaharuan dan awal baru untuk semua.

Penetapan Hari Kebahagiaan Internasional ini juga diresmikan pada 28 Juni 2012 oleh PBB dan pertama kali secara resmi diadakan pada 20 Maret 2013. Sehingga, Hari Kebahagiaan Internasional ini pun masih sering dirayakan hingga saat ini setiap tahunnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.