Sukses

Tips Aman dan Nyaman Bersihkan Kamar Mandi Menggunakan Sitrun

NIOSH mencatat, menghirup sitrun dapat menyebabkan gejala pernapasan, seperti batuk, sesak napas, dan sakit tenggorokan.

Liputan6.com, Jakarta - Asam sitrat atau yang lebih kita kenal dengan sitrun merupakan senyawa asam alami yang bisa ditemukan dalam buah jeruk dan fermentasi jamur.

Karena mengandung pengkelat, bakterisida, fungisida, antikoagulan, bahan kimia pertanian, agen terapeutik, sekuestran, dan agen hematologi maka sitrun sangat ampuh membunuh bakteri, jamur, dan lumut.

Namun, ada yang harus diperhatikan setiap menggunakan sitrun oleh manusia. Pasalnya beberapa masalah keselamatan dan kesehatan dicatat oleh National Institute for Occupational Safety and Health's (NIOSH) International Chemical Safety Card (ICSC) tentang asam sitrat.

NIOSH mencatat, menghirup sitrun dapat menyebabkan gejala pernapasan, seperti batuk, sesak napas, dan sakit tenggorokan. Kontak dengan mata dapat menyebabkan kemerahan dan nyeri, serta kontak kulit dapat menyebabkan kemerahan.

Selain itu, mengonsumsi sitrun dapat menyebabkan sakit perut dan sakit tenggorokan. Karena kekhawatiran ini, NIOSH menyarankan tindakan pencegahan bagi mereka yang bekerja dengan sitrun, seperti melindungi kulit dan mata serta menyediakan ventilasi yang sesuai.

Senyawa ini biasanya banyak ditemukan di dapur guna dimanfaatkan beragam kebutuhan, salah satunya sebagai disinfektan dan membersihkan kamar mandi.

Supaya kamar mandi selalu terlihat bersih dan nyaman, setidaknya anda bisa membersihkan kamar mandi setiap 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Anda bisa membersihkan bagian-bagian di dalam kamar mandi dengan sitrun. Mulai dari membersihkan wastafel, toilet, keramik, bak mandi hingga dinding kamar mandi juga bisa dibersihkan dengan sitrun agar kamar mandi terlihat kinclong.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alat dan Bahan

Dilansir The Spruce, beberapa alat yang perlu dipersiapkan antara lain, sepasang sarung tangan karet, sikat, pelindung mata, spons. Untuk bahan yang dipersipkan yakni, sitrun, deterjen, pembersih toilet, semprotan pembersih serba guna, dan handuk kertas atau kain.

Cara Membersihkan Kamar Mandi

Mulailah dengan menyingkirkan segala sesuatu di sekeliling kamar mandi. Hal ini penting dilakukan supaya percikan-percikan pembersih tidak mengenai barang yang ada di kamar mandi.

Lalu, gunakan sepasang sarung tangan karet sebelum memulai membersihkan kamar mandi.

Anda bisa memulai membersihkan lantai dan dinding kamar mandi dengan menyiram dan meyikat seluruh sudut kamar mandi. Kemudian taburkan bubuk sitrun secara merata pada semua sudut kamar mandi. Usahakan menjangkau pada area-area terpecil seperti pinggiran toilet, sela-sela toilet maupun sudut kamar mandi. Setelah ditaburkan sitrun, diamkan selama 30 menit hingga 1 jam agar sitrun dapat bekerja masimal menyerap berbagai jenis kotoran.

Setelah sitrun meresap, Anda bisa kembali menyikat lantai dan sudut-sudut kamar mandi. Untuk menuntaskannya sekaligus mendapatkan hasil yang maksimal, teteskan pembersih lalu sikat kembali. Kemudian siram semua sudut kamar mandi hingga seluruh kotoran terbawa oleh air masuk ke dalam lubang pembuangan. Selain membersihkan sudut-sudut kamar mandi, Anda juga bisa mengikuti langkah-langkah membersihkan toilet dengan tepat.

Cara Membersihkan Toilet dengan Tepat

Mulailah dengan bagian luar toilet, seperti tutupnya. Lalu semprotkan deterjen secara menyeluruh dan pastikan untuk menyemprot area kecil antara dudukan toilet dan tutup.

Anda juga bisa pakai cairan khusus pembersih toilet dengan cara menyemprotkan kedua sisi tutupnya. Kemudian semprotkan kedua sisi dudukan toilet secara menyeluruh, tunggu cairan hingga mengering, Lalu gosok secara perlahan dan bilas jika sudah bersih.

Demikian cara membersihkan toilet dengan sitrus beserta langkah-langkah tepat supaya kotoran terangkat maksimal. Selamat mencoba

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.