Sukses

Kurang dari 24 Jam, Tim SAR Gabungan Temukan Korban Tenggelam di Sungai Tapin

Tim SAR gabungan menemukan korban pada jarak sekitar 200 meter dari lokasi kejadian terakhir terlihat oleh saksi.

Liputan6.com, Tapin - Darsyah (55) warga Desa Bungur Baru Kecamatan Bungur Kabupaten Tapin akhirnya ditemukan. Kurang dari 24 jam pencarian, korban diduga tenggelam dan ditemukan ratusan meter dari penemuan sandal milik korban.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan, Basarnas Banjarmasin, Al Amrad menyebutkan kondisi korban saat ditemukan.

“Korban ditemukan sudah dalam kondisi meninggal,” ujar Al Amrad, Minggu siang (19/3/2023).

Tim SAR gabungan menemukan korban pada jarak sekitar 200 meter dari lokasi kejadian terakhir terlihat oleh saksi. Pencarian dari Sabtu malam, 18 Maret 2023, dan membuahkan hasil pada Pukul 11.58 Wita, dalam posisi mengapung di sungai.

“Atas ditemukannya korban pada hari kedua, saya ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh unsur SAR yang terlibat dan semoga kita selalu kompak dan solid untuk kemanusiaan,” lanjut Al Amrad.

Proses Pencarian

Sementara itu, Koordinator Lapangan, Duwi Agustono menjelaskan lokasi penemuan korban oleh tim SAR gabungan, selanjutnya mengevakuasi dari lokasi penemuan.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, tim SAR gabungan mengerahkan dua SAR unit (SRU) air untuk menyisir aliran Sungai Tapin, kurang lebih 2 kilometer ke arah hilir dari titik LKP dengan menggunakan perahu karet.

“SRU air pertama, melakukan pencarian dari lokasi kejadian dilanjutkan menuju ke titik A di koordinat 2° 57' 37.37" S 115° 9' 2.23" E, SRU air 2 melanjutkan pencarian menuju ke titik B di koordinat 2° 58' 1.76" S 115° 9' 13.11" E,” sebut Duwi Agustono.

Tim SAR gabungan juga mengerahkan personel untuk melakukan pengamatan di darat dan menyebarluaskan informasi kejadian hanyutnya korban kepada warga sekitar.

“Penyebarluasan informasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan upaya pencarian korban jika ada warga yang melihat korban, maka diharapkan untuk melaporkannya kepada petugas SAR gabungan,” lanjut Agus.

Sinergitas yang solid dari Tim SAR Gabungan (Basarnas, Polsek, Koramil, BPBD, Damkar, Tagana, Tim Rescue Tapin (TRT), BPK Raha, BPK HSS, Baling-Baling Rescue, Al Husna, PMI, Masyarakat Setempat serta keluarga korban) berhasil menemukan korban.

Korban kemudian diserahkan kepada pihak keluarga di rumah duka.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.