Sukses

Menengok Aktivitas Panglima TNI Saat Pulang Kampung dan Kembali ke Sekolah

Hal ini pula yang dilakukan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat pulang ke kampung halamannya di Madiun, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Madiun - Wayang kulit menjadi salah satu kesenian yang masih terus dipelihara kelestariannya. Hal ini pula yang dilakukan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat pulang ke kampung halamannya di Madiun, Jawa Tengah.

Bertempat di SMAN 1 Mejayan, Yudo yang merupakan seorang alumnus, menggelar pertunjukan wayang kulit di sekolah tersebut. Pagelaran ini merupakan bagian dari acara puncak pelaksanaan Karya Bakti Skala Besar Mabes TNI TA 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Yudo dikukuhkan sebagai Panglima Budaya karena dinilai memiliki kecintaan untuk melestarikan seni dan budaya Indonesia. Yudo pun mengapresiasi penghargaan yang diberikan pihak almamaternya itu.

"Ini wujud terima kasih saya kepada almamater saya, yang telah menggembleng saya selama 3,5 tahun sewaktu menempuh pendidikan di sini," kata Yudo, Minggu, 12 Maret 2023.

Prosesi pengukuhan Panglima Budaya dilakukan secara simbolis dengan pengalungan syal dan pemberian plakat tokoh wayang Brotoseno kepada Panglima TNI.

Acara pengukuhan dilakukan Keluarga Pasmajaya Alumni SMAN 1 Mejayan yang diwakili oleh Prof Dr Heri Supomo alumnus 1982, Imam Soehirnan alumnus 1986, Kolonel Arm Nursamsudin alumnus 1987, Waras Wasisto alumnus 1989, dan Dr Yeni Purnomo alumnus 1986.

Sebelum pengukuhan, Panglima TNI terlebih dulu melakukan penandatangan prasasti Joglo SMAN 1 Mejayan yang diberi nama Jalasveva Jayamahe dan pemberian bantuan kendaraan operasional, sebagai bentuk bakti terhadap almamaternya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada bapak ibu guru yang telah mendidik saya atau yang melanjutkannya saat ini," ujar Yudo.

Yudo juga memberikan motivasi kepada anak-anak muda di Kabupaten Madiun, khususnya para pelajar di SMAN 1 Mejayan.

"Saya memompa jangan patah semangat, jangan merasa kalah bersaing, tentunya dengan rajin belajar dan taat kepada ibu guru," imbuhnya.

"Sekali lagi jangan patah semangat, terus belajar untuk mengejar dan mewujudkan cita-cita," tandasnya.

Pertunjukan wayang kulit di SMAN 1 Mejayan turut dihadiri Bupati Madiun, Ahmad Dawami. Acara yang sama sebelumnya juga digelar di Makorem 081/DSJ.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.