Sukses

5 Jajanan Bandung yang Selalu Bikin Kangen

da cukup banyak jajanan pinggir jalan di Bandung. Kebanyakan, bercitarasa gurih dan pedas yang bikin nagih.

Liputan6.com, Jakarta - Bandung memang terkenal dengan ragam kulinernya. Mulai dari makanan fancy sampai jajanan kaki lima, semuanya selalu menarik untuk dinikmati. Tapi jajanan Bandung apa saja yang selalu bikin kamu kangen?

Ada cukup banyak jajanan kaki lima di Bandung. Kebanyakan, bercitarasa gurih dan pedas yang bikin nagih. Tapi ada juga beberapa jajanan Bandung yang mengeluarkan citarasa manis menggoda, salah satunya kue cubit.

Jajanan khas Bandung itu memang selalu menarik dijajal, bahkan aroma dan rasanya bikin kangen. Apalagi buat kamu yang tinggal jauh dari Bandung atau sudah lama tidak ke Bandung. Kira-kira jajanan apa yang akan langsung kamu cari begitu kembali menginjakkan kaki di Bandung?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Jajanan Khas Bandung

1. Cakue Mini

Sesuai namanya, cakue ini memiliki ukuran yang lebih kecil ketimbang cakue pada umumnya. Disajikan dalam plastik transparan dan disiram saus berwarna merah, yang membuat teksturnya menjadi lebih lembut dan rasanya menjadi semakin lebih kaya.

Biasanya, dalam satu plastik terdapat empat sampai lima cakue.

Jajanan yang satu ini biasanya dijual di dalam gerobak sederhana. Para penjual cakue mini umumnya mangkal di sekolah-sekolah di Bandung.

2. Kue Cubit

Kue cubit adalah salah satu jajanan Bandung yang memiliki citarasa manis. Bentuk kue yang satu ini sederhana, yaitu setengah mangkuk, di atasnya ditaburi dengan coklat. 

Kue cubit memiliki tekstur yang lembut, bagian atasnya berwarna kuning sementara bagian bawahnya berwarna kecoklatan. Makanan yang satu ini biasanya dijajakan di gerobak kecil, dan juga ada di sekolah-sekolah.

3. Cireng

Jajanan yang satu ini biasanya ada dijual oleh para pedagang gorengan. Ada beberapa jenis cireng yang dijajakan, mulai dari cireng isi sampai cireng crispy. Tapi secara umum, cireng memiliki tekstur kenyal dan lembut serta rasa yang gurih.

4. Gehu Pedas

Gehu atau tahu isi, juga jadi salah satu jajanan Bandung yang cukup banyak digemari. Terutama untuk para pecinta kuliner pedas.

Tahu isi pedas memiliki sensasi rasa gurih pedas yang bikin nagih. Apalagi jika tahu yang membalut sayurannya garing dan renyah. Kombinasi kenikmatan itulah yang kemudian selalu jadi incaran banyak orang.

5. Serabi

Jajanan Bandung yang satu ini juga tak perlu dipertanyakan lagi soal rasanya. Serabi atau surabi menjadi salah satu menu sarapan andalan warga Bandung, jadi biasanya para pedagang serabi akan muncul sejak pagi.

Serabi terbuat dari tepung beras, jadi tidak heran jika dapat membuat kenyang dalam waktu singkat. Apalagi biasanya, adonan serabi padat ditambah dengan topping-topingnya yang juga padat. Seperti telur, telur oncom, serabi oncom, dan masih banyak lagi.

Itu dia lima jajanan Bandung yang selalu bikin kangen kembali ke Bandung. Kira-kira, makanan apa yang paling bikin kamu ingin kembali ke Bandung sekadar untuk membeli satu hingga dua bungkus?

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.