Sukses

Jajaran Pasar Manis Khas Indonesia, Teman Liburan Akhir Pekan yang Menyenangkan

Jajanan pasar tradisional yang dimiliki Indonesia sangat banyak dan bermacam-macam varian hingga rasa yang khas

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kekayaan alamnya, budaya, ragam suku dan juga keanekaragaman dari kuliner yang lezat. Termasuk aneka jajanan pasar tradisional yang sudah dikenal.

Jajanan pasar tradisional yang dimiliki Indonesia sangat banyak dan bermacam-macam. Mulai dari yang asin sampai yang manis, semuanya tersedia dan bisa dibeli dengan harga yang murah.

Berikut adalah beberapa jajanan pasar khas Indonesia dengan rasa manis yang sudah dirangkum untuk kamu:

Puthu

Siapa sih diantara kalian yang tidak kenal dengan bunyi penjual kue puthu ketika mereka lewat? Jajanan manis satu ini terbuat dari tepung beras butiran kasar, yang kemudian dipadukan dengan gula jwa dan parutan kelapa sebagai topingnya.

Cara membuat kue ini juga terbilang cukup unik, yaitu dengan memasukkannya ke dalam tabung bambu yang berukuran kecil, lalu dimasak menggunakan uap panas.

Klepon

Jajanan berwarna hijau manis ini tentu masih sering kamu jumpai ketika pergi ke jajanan pasar. Bahan dasar dari klepon ini adalah beras ketan, dengan isian gula merah, dan taburan parutan kelapa.

Nama jajanan yang satu ini juga bisa bervariasi, selain klepon ada yang menyebutnya juga onde-onde. Memiliki tekstur yang kenyal yang berpadu dengan rasa manis gula yang meleleh di lidah ketika kamu menggigitnya.

Cenil

Nah, cenil ini sekilas memang mirip dengan klepon, hanya saja ukurannya lebih kecil dan tidak ada isian gula merahnya, karena gula merahnya di sini difungsikan sebagai kuah.

Berbahan dasar tepung kanji yang kemudian dibulatkan, lalu diberi taburan parutan kelapa dan gula. Ciri khas cenil sendiri itu terleltak pada warnanya ynag beragam dalam satu lidi.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ragam Jajanan Pilihan Anda Lainnya

Lopis

Jajanan ini berbentuk segitiga, kalian sudah pasti kenal dengan jajanan yang satu ini. Lopis merupakan camilan yang terbuat dari ketan, dengan toping berupa parutan kelapa dangula merah cair.

Lopis memiliki aroma harum karena dimasak dengan dibungkus daun pisang, dan itu akan menambah rasa nikmat saat kamu menyantapnya.

Onde-onde

Berbeda dari onde-onde yang merupakan sebutan klepon di daerah lain. onde-onde yang satu ini merupakan jajanan berbentuk bulat yang terbuat dari tepung ketan dan tepung terigu.

Jajanan ini diberi isian berupa pasta kacang hijau yang telah digoreng dahulu, lalu permukaannya diberikan taburan biji wijen putih. Rasa gurihnya begitu terasa saat menyantap jajanan yang satu ini.

Serabi

Siapa sih yang tidak suka sama serabi? Jajanan yang terbuat dari campuran santan, tepung beras, dan kelapa parut, dengan variasi cita rasa manis dan asin.

Sekilas, Serabi memang terlihat mirip dengan kue cucur, namun bedanya adalah warna serabi yang umumnya putih di bagian permukaan atasnya dan kecoklatan di bagian bawahnya.

Wajik

Wajik terbuat dari ketan, santan, dan gula merah lalu dimasak dengan cara dikukus. Sesuai dengan namanya, bentuk dari jajanan ini juga serupa dengan wajik, belah ketupat atau jajar genjang.

Cita rasa yang diberikan wajik ini manis dengan tekstur yang legit dan gurih. Sangat cocok untuk dijadikan teman minum kopi atau teh di sore hari.

Penulis: Nila Amalia Putri

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.