Sukses

Daftar Wisata Sungai di Indonesia Jadi Obat Penenang Alami

Sungai memberi warna dan suasana tersendiri yang membuat pikiran terasa tenang bagi yang mengunjungi dan menikmatinya.

Liputan6.com, Jakarta - Ragam pilihan wisata alam Indonesia semakin terbuka dan banyak dikunjungi, seperti gunung, pantai, hingga jenis wisata alam terbuka yang disajikan setiap daerah.

Namun, tidak ada salahnya jika pengunjung datang dan menikmati suasana lain dalam berwisata. Salah satunya menyusuri sungai di Indonesia.

Wisata sungai tak berarti sebatas bermain arung jeram saja. Sungai memberi warna dan suasana tersendiri yang membuat pikiran merasa tenang.

Dirangkum dari kanal resmi Kemenparekraf, berikut destinasi wisata sungai di Indonesia cocok untuk menenangkan pikiran:

Sungai Mahakam

Sungai Mahakam di Kalimantan Timur banyak menjadi incaran wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Menjadi sungai sungai terpanjang kedua di Indonesia, Sungai Mahakam menawarkan pengalaman liburan di sungai yang menyenangkan.

Sungai sepanjang 920 kilometer ini merupakan rumah bagi hewan langka, yaitu lumba-lumba air tawar atau dikenal dengan Pesut Mahakam.

Pengunjung bisa bertemu langsung dengan raja udang, burung enggang, bangau, lutung, hingga berang-berang di Sungai Mahakam.

Sungai Asahan

Sungai Asahan menjadi salah satu primadona destinasi wisata di Sumatera Utara. Sungai Asahan juga menjadi incaran pecinta wisata arung jeram karena termasuk wisata spot arung jeram terbaik ketiga di dunia.

Sungai Asahan memiliki beberapa spot dan level jeram yang bisa dipilih. Sambil bermain arung jeram, pengunjung disuguhi pemandangan tebing dan air terjun yang indah.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sungai Maron

Sungai Maron merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang hampir tidak pernah sepi pengunjung. Sungai yang terletak di Pacitan, Jawa Timur ini menawarkan pemandangan dan suasana layaknya di Sungai Amazon.

Pengunjung akan disambut dengan pemandangan air Sungai Maron berwarna hijau kebiruan, dan dikelilingi oleh pepohonan rindang yang asri.

Sungai Ayung

Sungai terpanjang di Bali yang berlokasi di Kedewatan Ubud. Sungai tersebut dikenal sebagai tempat arung jeram yang menurut “Skala Kesulitan Sungai Internasional” dengan enam tingkat kesulitan.

Di Sungai Ayung pengunjung akan dibuat kagum dengan airnya yang jernih, udara sejuk, dan pemandangan indah. Saking indahnya, panjang arung jeram di Sungai Ayung yang mencapai 10 kilometer terasa sangat ringan dan lebih menyenangkan.

Sungai Cukang Taneuh

Sungai Cukang Taneuh atau lebih populer dikenal Green Canyon. Dalam bahasa setempat, Cukang Taneuh berarti "Jembatan Tanah".

Pemilihan nama ini berdasar pada jembatan alami yang berasal dari tanah dan melintang di atas Sungai Cijulang. Salah satu aktivitas yang menarik dicoba di Sungai Cukang Taneuh adalah naik perahu sambil telusur Sungai Cijulang.

Sepanjang perjalanan, pengunjung akan dibuat kagum dengan keindahan alam yang masih alami, dan melintasi gua yang dipenuhi stalaktit dan stalakmit.

Sungai Musi

Mendapat gelar sebagai sungai terpanjang di Sumatera, Sungai Musi menawarkan aktivitas serta pengalaman berlibur yang menyenangkan dan tidak terlupakan.

Saat mengunjungi Sungai Musi jangan lupa sempatkan waktu mampir ke Pulau Kemaro yang lokasinya berada di tengah Sungai Musi. Di Pulau Kemaro pengunjung bisa mengunjungi berbagai objek wisata yang menarik, seperti Pagoda, Klenteng Hok Tjing Rio, atau Pohon Cinta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.