Sukses

Konser 30 Tahun Dewa 19 Berkarya Sukses Dihadiri 75 Ribu Penonton, Ini Fakta-fakta Bandnya

Konser band legendaris Indonesia Dewa 19 telah sukses berlangsung dengan kehadiran sekitar 75.000 penonton di JIS pada Sabu (4/2/2023).

Liputan6.com, Bandung - Konser band legendaris Indonesia Dewa 19 telah sukses berlangsung dengan kehadiran sekitar 75.000 penonton di (Jakarta International Stadium) JIS pada Sabu (4/2/2023). Konser yang bertajuk Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 ini juga dihadiri oleh empat vokalis dan lima drummer.

Konser yang dipromotori oleh Red Line Kreasindo ini berlangsung di JIS atau Jakarta International Stadium, Jakarta Utara. Konser ini menjadi salah satu konser yang dipenuhi oleh penonton yang ingin melihat band legendaris ini yang sudah berkarier cukup lama.

Melansir dari akun Instagram @jakartastadium, sekitar 75 ribu orang dari penggemar Dewa 19 memenuhi kawasan JIS tersebut.

“Jakarta International Stadium (JIS) jadi lokasi konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19. Sebanyak 75 ribu Baladewa dan Baladewi memadati konser itu,” tulis keterangan JIS.

Tidak hanya itu, pembukaan dari konser ini juga disambut oleh Mulan Jameela beserta anak-anak dari Ahmad Dhani dengan band mereka yaitu The Lucky Laki juga tampil membawakan lagu-lagu mereka.

Kehadiran empat vokalis serta lima drummer yang pernah tergabung bersama band tersebut karena band ini sempat mengalami pergantian personel beberapa kali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Singkat Dewa 19

 

Dewa 19 sendiri adalah sebuah band yang sudah dibentuk sejak 26 Agustus 1986 di Surabaya dan band ini diketuai oleh Ahmad Dhani. Berkarier sejak 1986, band ini menjadi band legendaris yang masih eksis sampai sekarang dari berbagai generasi.

Awalnya band ini mempunyai personel terdiri dari Dhani sebagai keyboard dan vokal, Erwin sebagai bass, Wawan sebagai drum, dan Andra sebagai gitar. Bahkan sempat merubah nama menjadi Down Beat ketika salah satu personelnya yaitu Wawan keluar dan diganti oleh Salman.

Dengan namanya tersebut band ini sempat terkenal terutama dalam festival-festival musik sekolah. Dhani kemudian menarik Wawan kembali masuk dan Wawan membawa Ari Lasso yang asalnya dari band lama nya.

Kemudian nama band pun menjadi Dewa 19 karena pada saat itu para personel mempunyai usia rata-rata 19 tahun. Kemudian album pertama mereka dirilis pada tahun 1992 dengan judul 19.

Album ini pun ternyata menjadi terkenal terutama lagu 'Kangen' yang ada pada album tersebut. Namun pada 1994, ketika membuat album kedua bernama Format Masa Depan, Wawan keluar ketika penggarapan album tersebut dan secara sementara di isi oleh Ronald Fristianto dan Rere Reza.

Pada 1995, drummer masih dengan Rere Reza namun kemudian Wong Aksan bergabung sebagai posisi drummer. Akhirnya sekitar 1997, band ini pun terdiri dari Ari Lasso, Ahmad Dhani, Andra Junaidi, Erwin Prasetya, dan Wong Aksan.

Kemudian, pada 1998-1999 masih ada pergantian personel drummer di mana Wong Aksan resmi dikeluarkan karena permainannya yang kental dengan nuansa Jazz. Lalu digantikan oleh Bimo Sulaksono yang asalnya drummer Netral. Namun ia tak lama keluar dari Dewa 19 karena bergabung dengan Bebi untuk grup Romeo.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Tak hanya itu, band ini juga sempat mengalami permasalahan karena dua personelnya yaitu Ari Lasso dan Erwin Prasetya sempat ketergantungan narkoba sehingga menghambat aktivitas band. Dewa 19 pun sempat vakum namun saat itu Ari Lasso semakin terjerumus narkoba  sehingga Ahmad Dhani harus mengeluarkan nya.

Alhasil, Ahmad Dhani bertemu dengan Once Mekel untuk menjadi vokalis dan ia mengajak Tyo Nugros untuk bergabung menjadi drummer. Sehingga pada 2000an, mereka kembali menjadi band yang ternyata tetap sangat sukses.

Erwin Prasetya sebagai bass pun dikeluarkan dari manajemen Dewa dan diisi oleh Yuke Sampurna mantan bassist The Groove. Pada 2007, band ini merilis album terakhir dan pada tahun yang sama Tyo Nugros keluar dari Dewa karena kesehatannya yang membuat dia tidak bisa bermain drum dalam waktu lama.

Sampai akhirnya para personel pun sibuk dengan kegiatan masing-masing seperti Andra membuat grup band Andra & The Backbone bersama Stevie Item dan Dedy Lisan. Kemudian Ahmad Dhani mengembangkan manajemennya yaitu Republik Cinta Management.

Once juga bernyanyi dan berkarier sebagai soloist serta Yuke Sampurna pun membuat band bernama Number One and The Chemistry. Karena tidak ada aktivitas band di 2011 Once mengumumkan keluar dan fokus berkarier solo.

Adapun pada 2022 hingga sekarang, Dewa 19 mengumumkan Marcello Tahitoe sebagai vokalis barunya. Ari Lasso juga kembali diumumkan sebagai vokalis senior mereka sehingga saat ini formasi personelnya adalah Ahmad Dhani, Ari Lasso, Andra Ramadhan, Yuke Sampurna, Agung Yudha, dan Ello.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.