Sukses

Wali Band Rilis Single 'Kumah Aing', Apa Maknanya?

Sang gitaris menjelaskan, dari lagu tersebut, Wali Band berusaha untuk ikut meramaikan khazanah bahasa daerah

Liputan6.com, Jakarta Grup musik Wali Band akan kembali merilis single baru di tahun 2023 ini. Lagu yang akan dirilis merupakan pemaknaan dari kebiasaan sehari-hari masyarakat Sunda.

Band yang digawangi Faank (vokal), Apoy (gitar), Ovie (keyboard), dan Tomi (drum) itu merilis lagu berjudul 'Kumaha Aing'. Dirangkum dari berbagai sumber, lagu tersebut sengaja menggunakan lirik berbahasa sunda.

Jika diterjemahkan, judul dari single Kumaha Aing tersebut berarti terserah saya atau semau saya. Sang gitaris menjelaskan, dari lagu tersebut, Wali Band berusaha untuk ikut meramaikan khazanah bahasa daerah.

“Jadi, ingin juga kita menyentuh daerah-daerah tiap provinsi, khusus kali ini Jawa Barat,”ucapnya saat konferensi pers di Jakarta.

Pemilihan lagu menggunakan Bahasa Sunda karena dua anggotanya Wali Band yakni Apoy dan Faank merupakan orang Sunda. Oleh karena itu, lagu tersebut menjadi motivasi Wali Band untuk melestarikan bahasa daerah.

Apoy menjelaskan, lagu Kumaha Aing tercipta sebagai bentuk penolakan terhadap arogansi manusia yang merasa seolah-olah paling superior dibanding manusia lainnya.

Kalimat Kumaha Aing menurut Faank di pilih sebab di rasa paling pas untuk menggambarkan kesombongan manusia.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kearifan Lokal

“Saya orang Sunda dan besar di Sukabumi dan saya ingat waktu ngaji kitab itu, kata-kata aing itu hanya untuk Allah,'” tuturnya.

Menurut Faank, saat ada orang menyebut dirinya ‘aing’ itu dia dengan segala kesombongannya. Wali juga meluncurkan video musik untuk lagu tersebut dengan menampilkan komedian Ki Daus sebagai tokoh utama.

Ia menjalani hidup sesuka hatinya tanpa memikirkan orang lain usai memenangkan undian.

“Apalagi kalau ngomong ‘Kumaha Aing’, itu sombong banget,” jelas Faank.

Untuk mendukung lirik lagu, video musik ‘Kumaha Aing’ menampilkan berbagai kearifan lokal Sunda seperti permainan tradisional anak- anak Cingciripit, odong-odong, hingga pedagang bakso cuanki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.