Sukses

6 Kuliner Legendaris di Menteng, Surganya Pencinta Makanan

Berikut rekomendasi kuliner Menteng legendaris yang bikin gagal diet.

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan Menteng, Jakarta Pusat menjadi salah satu"surga" bagi para pencinta kuliner lezat. Sebab, Kawasan Menteng dipenuhi beragam kuliner legendaris.

Mulai dari kuliner kaki lima hingga restoran berbintang lima, ada di pusat Jakarta ini. Berikut rekomendasi kuliner Menteng legendaris yang bikin gagal diet.

1. Gohyong Jalan Lombok

Salah satu kuliner Menteng yang populer adalah gohyong. Gohyong Jalan Lombok ini sudah buka sejak tahun 1985, dan bertahan hingga saat ini.

Gohyong merupakan makanan yang menyerupai rolade. Bakso dan ayam dicincang kemudian digulung menjadi satu, dan dipotong, lalu digoreng.

Potongan gohyong disajikan cukup besar dan tebal. Luarnya digoreng garing namun dalamnya tetap lembut.

Tidak hanya gohyong, tempat makan ini juga menyajikan berbagai kuliner lezat lainnya, seperti nasi gila dan ayam malaya. Aneka hidangan ini dibanderol mulai dari Rp26.000.

Gohyong Jalan Lombok berada di Jalan Lombok, RT5/RW5, Gondangdia, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat. Tempat makan kuliner Indonesia ini buka setiap hari, mulai pukul 16.30-22.00 WIB.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gandy Steak

2. Gandy Steak

Gandy Steak menjadi salah satu kuliner legendaris di Menteng yang menjadi juara di hati para pelanggannya. Steik legendaris ini telah berdiri sejak 1973.

Menu andalan kios steik ini adalah olahan daging sapi tanpa lemak yang dicincang kasar, sehingga daging yang disajikan empuk dan lembut. Ada beberapa menu favorit lainnya di kedai steik ini, seperti Gandy steak combination (daging dan ayam), Gandy special combo (ayam dan ikan), dan masih banyak lagi.

Harga steik ala kuliner legendaris di Menteng ini dibanderol mulai dari Rp77.000.

3. Nasi Uduk Gondangdia

Nasi Uduk Gondangdia sudah berdiri sejak 1993. Kuliner legendaris di Menteng ini berada di bawah rel kereta api arah Cikini-Gondangdia.

Meski buka di tempat yang seadanya, Nasi Uduk Gondangdia selalu laris diburu para pelanggannya.

Nasi uduk ini cukup unik karena dihidangkan berbalut daun pisang berbentuk kerucut. Sambalnya pun ada dua macam, yaitu sambal terasi dan sambal kacang.

Nasi uduk harum dan gurih sangat cocok disantap dengan sambal yang nikmat. Tempat makan nasi uduk ini juga menjajakan berbagai lauk pauk.

Nasi Uduk Gondangdia dibanderol mulai dari Rp7.000-Rp20.000. Tempat makan ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

4. Bubur Cikini H.R. Suleman

Menu sarapan legendaris di Menteng yang tak boleh dilewatkan adalah bubur cikini. Bubur Cikini H.R. Suleman sudah berdiri sejak 1980-an.

Seporsi bubur cikini disajikan bersama cakwe, tongcai, ayam suwir, dan emping yang menggugah selera. Pengunjung juga dapat memesan telur setengah matang yang dimasukkan ke dalam bubur.

Meskipun tempatnya kecil, bubur ini tidak pernah sepi pengunjung. Satu porsi bubur ala H.R Suleman dibanderol mulai dari Rp 19.000.

Bubur Cikini HR Suleman ini buka dua waktu setiap harinya, yakni 07.00-11.00 WIB, dan 17.00-02.00 WIB.

 

3 dari 3 halaman

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

5. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kebon Sirih menjadi kuliner legendaris di Menteng, sekaligus kuliner paling populer. Nasi goreng dengan daging kambing ini sudah beridi sejak tahun 1958.

Meskipun tempatnya sederhana, tetapi nasi goreng ini selalu ludes setiap harinya. Bahkan beberapa tokoh terkenal seperti matan presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hingga Presiden Jokowi (Joko Widodo) pernah menyantap kuliner legendaris di Menteng ini.

Resep yang digunakan merupakan resep turun menurun, sehingga rasanya sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Nasi goreng yang kaya rempah dengan potongan serta kecap menjadi satu kesatuan yang siap menggoyang lidah.

Seporsi nasi goreng kambing dibanderol mulai harga Rp45.000. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih buka setiap hari mulai pukul 17.00-24.00 WIB.

6. Trio Cikini

Restoran Trio telah berdiri sejak 1947. Kuliner legendaris di Menteng ini terkenal dengan interior rumah makan khas Belanda serba hijau yang cocok sekali menjadi tempat bernostalgia.

Restoran dengan tempat bergaya kolonial-oriental ini memiliki ciri khas meja dengan alas bermotif kotak-kotak merah, hingga piring, dan mangkuk besi judulnya. Menu andalan restoran ini adalah lumpia udang.

Pengunjung juga dapat mencoba ayam mentega yang renyah nan gurih yang tak kalah lezat. Aneka menu di Trio Cikini dibanderol mulai dari Rp30.000.

Trio Cikini berada di Jalan RP Soeroso No.29A, RT2/RW2, Gondangdia, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat. Kuliner legendaris di Menteng ini buka 10.00-14.00 WIB dan 17.00-21.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.