Sukses

Menikmati Senja di Pantai Pandan Tapanuli Tengah, Melepas Penat Usai Beraktivitas

Liputan6.com, Tapanuli Tengah Jika Anda sedang berada atau melintas di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara (Sumut), ada baiknya menepi sejenak beristirahat atau sekadar bersantai menikmati desiran ombak pantai untuk melepas penat.

Salah satu lokasi rekomendasi untuk beristirahat atau sekadar bersantai di Tapanuli Tengah adalah Pantai Pandan. Lokasinya mudah dijangkau berada tidak jauh dari Jalan Lintas Sumatera, atau Jalan Padang Sidempuan, Kecamatan Pandan.

Di Pantai Pandan, pengunjung bisa menikmati pasir putih. Apalagi saat senja, atau sore menjelang malam hari. Jika cuaca cerah, maka suasana sunset atau matahari terbenam akan dapat dinikmati. Pemandangan ini tentunya dapat melepas penat.

Seperti yang dirasakan Eko Kurniawan, warga Medan yang sedang berkunjung ke Pantai Pandan setelah menjalani aktivitas di Kecamatan Batang Toru, Tapanuli Selatan, yang kabupatennya bersebelahan dengan Tapanuli Tengah.

"Saya baru pertama kali ke sini, ternyata indah. Apalagi, ini adanya di Sumut, pantainya bersih, dan cantik. Cocok untuk bersantai," kata Eko, Rabu (25/1/2023).

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Akses ke Sejumlah Pulau

Selain bisa menikmati sunset atau sekadar mendengarkan desiran suara ombak, bagi yang ingin berwisata bahari juga bisa. Sebab, di Pantai Pandan banyak disediakan kapal-kapal kecil atau boat.

Beberapa pulau yang dapat dijangkau dari Pantai Pandan menggunakan kapal dan boat seperti Pulau Murasala atau Pulau Kingkong, Pulau Kalimantung, Pulau Bakkar, Pulau Bottot, Hili Badalu, dan Stan Barat.

"Saya sudah beberapa kali ke Batang Toru di Tapanuli Selatan. Kalau pulang dari sana, singgah di sini (Pantai Pandan). Kalau lama di sini, pengin juga nyeberang ke pulau-pulau yang ada di sekitar sini," ujar Netty Guslina, pengunjung lainnya.

Menurut warga Deli Serdang itu, suasana sunset yang dapat dinikmati di Pantai Pandan punya magnet tersendiri. Selain bersih, masuk ke kawasan pantai juga tidak dipungut biaya alias gratis.

"Yang bayar itu kalau nyeberang ke pulau, harganya sih variasi," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Jarak dari Medan

Bagi yang penasaran dengan Pantai Pandan, jaraknya cukup jauh dari Kota Medan, Ibu Kota Provinsi Sumut. Berkendara jalur darat, memakan waktu sekitar 8 hingga 9 jam. Sedangkan jaraknya dari Medan ke Pantai Pandan, Tapanuli Tengah, sekitar 355 Kilometer (Km).

Sepanjang perjalanan dari Medan menuju Tapanuli Tengah, Anda yang ingin berwisata juga dapat menikmati sejumlah destinasi wisata. Beberapa diantaranya Danau Toba hingga sejumlah pantai di kawasan Sibolga.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS