Sukses

Kabupaten di Pedalaman Kalimantan Ini Kini Punya Polres Sendiri

Kabupaten Mahakam Ulu akhirnya memiliki Polres sendiri sejak berdiri pada 2012 lalu.

Liputan6.com, Mahakam Ulu - Kini Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur resmi memiliki lembaga pelayanan kepolisian sendiri. Diketahui sebelumnya, kabupaten ini berada di bawah wilayah hukum Polres Kutai Barat.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam sugianto, meresmikan Polres Mahulu di Balai Adat Ujoh Bilang, sekaligus melantik kapolres pertama, AKBP Anthony Rybok pada awal 2023 lalu.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam sugianto mengatakan, pembentukan Polres Mahulu merupakan bagian dari pembinaan SDM Polri yang telah disusun dan dijalankan secara terencana, terpola, dan terprogram sesuai kebijakan pimpinan Polri dan kebutuhan organisasi. Terlebih, kerjasama Pemerintah Kabupaten Mahulu yang telah memberikan lahan seluas 7 hektar untuk pembangunan gedung kepolisian.

“Rencananya pembangunan Mapolres di Mahulu akan dibangun di awal tahun 2024. tapi nanti akan diusulkan pada perubahan tahun 2023 ini. Di mulai dari pembangunan jalan dan kelengkapan sarana dan prasarananya,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh mengatakan, dengan berdirinya kantor Polresta Mahulu, maka pelayanan masyarakat dapat langsung diwujudkan. Pelayanan masyarakat akan semakin dekat dan tidak kesulitan akses lagi.

“Kalau sebelumnya, masyarakat harus milir (pergi) ke Kubar, kini tidak lagi. Sudah punya Polres sendiri. Dipastikan Polresta Mahulu akan memberikan pelayanan yang baik dan mudah kepada seluruh masyarakat di Mahulu,” ujarnya.

Dijelaskan dia, peresmian Polres Mahulu merupakan komitmen Pemkab Mahulu yang selalu bersinergi dengan Polri. Untuk memudahkan akses masyarakay menuju Polres, Pemkab memulai dengan pembangunan infrastruktur, terutama kondisi jalan yang belum beraspal.

“Saat ini sudah masuk lelang, karena untuk jalan sudah masuk agenda tahun ini,” imbuhnya.

Pihaknya mengharapkan, dengan hadirnya Polres Mahulu dapat menumbuhkan minat dan motivasi anak-anak Mahulu. Khususnya generasi muda untuk mengabdikan diri menjadi abdi negara di Bumi Urip Kerimaan dengan menjadi anggota Polri.

"Kita minta perhatian dan tentunya disediakan ya kuota untuk anak-anak kita," sebutnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Peresmian dengan Adat Dayak

Peresmian Markas Polres Mahulu dimulai dengan ritual Adat Dayak, yang dihadiri oleh para Tetua dan Tokoh Adat. Acara tersebut dibuka dengan pelantikan Kapolres Mahulu, AKBP Anthony Rybok, diikuti peresmian kantor dan sambutan oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto

Usai pelantikan, Kapolda Kaltim diikuti Kapolres Mahulu selanjutnya meninjau lokasi yang akan dibangun markas Polres Mahulu. Saat ini, Polres Mahulu hanya menggunakan gedung sementara yang juga tengah direnovasi.

Sebelumnya, Kabupaten Mahulu sudah menunggu pendirian Polres Mahulu selama sembilan tahun lamanya. Sebelumnya masyarakat Mahulu mengikuti pelayanan di Kabupaten Kubar dan terganjal akses sungai yang jauh. Kini masyarakat Mahulu dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan masyarakat dari kepolisian.

“Selain masalah keamanan, kita juga mengedepankan kebutuhan masyarakat dari pelayanan kepolisian. Kita juga ingin mengajak putra putri Mahulu mengenal kerja-kerja kepolisian, agar mereka tertarik masuk akademi. Karena kita sendiri sekarang sudah punya polres sendiri,” kata Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh.

Kegiatan peresmian itu juga dihadiri oleh Wakapolda Kaltim, Brigjen Pol Mujiyono, Kapolres Kubar Heri Rusmayan, serta unsur Forkopimda Mahulu dan personil TNI Kodim 0912 Kubar dan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yornamed 5 Pancagiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.