Sukses

Jokowi Ingin Bangun RS Jantung dan Kanker di Riau, Pemprov Diminta Siapkan Lahan

Presiden Jokowi ingin membangun rumah sakit khusus jantung dan kanker di Riau agar pelayanan kesehatan lebih maksimal dirasakan masyarakat.

Liputan6.com, Pekanbaru - Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama 2 hari di Riau membawa angin segar dalam pelayanan kesehatan. Khususnya bagi masyarakat yang ingin mendapatkan perawatan kanker dan penyakit jantung. 

Usai mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Ahmad secara mendadak pada Rabu siang, 4 Januari 2023, dan meresmikan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Jokowi menyebut Riau masih kurang dengan rumah sakit khusus.

Rumah sakit khusus dimaksud adalah kanker dan penyakit jantung. Dia pun berazam ingin mendirikan rumah sakit tersebut di Bumi Lancang Kuning. 

"Rumah sakit khusus jantung dan kanker, ini yang dibutuhkan di Provinsi Riau," kata Jokowi. 

Menurut Jokowi, hal ini sudah dibicarakan dengan Gubernur Riau Syamsuar. Oleh karena itu, pemerintah daerah diminta menyiapkan lahan untuk pembangunan. 

"Tanah disiapin provinsi, bangunannya kita (Pusat)," kata Jokowi. 

Jokowi berharap adanya rumah sakit jantung dan kanker di Riau dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Adanya rumah sakit khusus membuat warga tidak perlu berobat lagi ke luar daerah ataupun luar negeri. 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Alkes

Menjelang adanya rumah sakit khusus tersebut, Jokowi menyebut Kementerian Kesehatan akan membantu fasilitas dan alat kesehatan khusus jantung dan kanker di Riau. 

"Tahun ini akan segera kita siapkan alkesnya, artinya kita ingin mengurangi sebanyak-banyaknya warga kita yang berobat ke luar negeri," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengecek pelayanan kesehatan di RSUD Arifin Ahmad. Kunjungan ini di luar agenda kunjungan kerja Jokowi ke Riau. 

"Semua pasien dilayani dengan baik, termasuk juga BPJS, berjalan sesuai aturan," ucap Jokowi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.