Sukses

Motor Listrik Disubsidi Rp6,5 Juta, Berikut Daftar Harganya

Liputan6.com, Bandung - Saat ini, kendaraan listrik tengah gencar diperkenalkan kepada publik terutama manfaatnya yang jauh lebih ramah lingkungan dan hemat karena tidak perlu membeli BBM yang saat ini harganya naik.

Adapun pemerintah juga dikabarkan berencana untuk memberikan subsidi bagi kendaraan listrik khususnya motor listrik.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandjaitan mengatakan bahwa pemerintah saat ini berencana untuk bisa memberikan subsidi pembelian motor listrik. Adapun kisaran harga dari subsidi motor listrik ini sekitar Rp6-6,5 juta.

Tentunya rencana tersebut mempunyai pertimbangan yang sangat besar karena pemerintah ingin memanfaatkannya dalam menghemat pembelian BBM atau subsidi bisa berkurang bila masyarakat banyak menggunakan kendaraan listrik.

Tidak hanya menghemat pembelian bahan bakar minyak saja, tetapi subsidi motor listrik juga menjadi salah satu langkah yang bertujuan untuk mendorong masyarakat membeli motor atau kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

Di Indonesia sendiri sudah ada banyak sekali jenama dari kendaraan listrik yang beredar di jalanan Indonesia. Bahkan, sudah banyak terlihat masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik tersebut.

Berikut adalah beberapa daftar motor listrik yang sudah ada di Indonesia:

 

p>**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) 2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Daftarnya

1. Gesits G1

Motor Gesits G1 adalah motor listrik yang diklaim sebagai motor buatan karya anak bangsa dan bekerja sama dengan Kementerian riset dan teknologi bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Motor ini mempunyai daya motor sebesar 5 KW dan bisa digunakan dengan jarak sejauh 50 kilometer untuk baterai tunggal dan 100 kilometer untuk baterai ganda. Harganya sekitar Rp28 juta.

2. Alva One Electra

Motor Alva One Electra merupakan motor yang mempunyai daya 5,7 daya kuda dengan torsi 46 Nm. Baterai dari motor ini adalah lithium 60 volt 45 Ah dan mempunyai bobot seberat 18 Kg dengan layar IP65 yang aman dari debu serta semprotan air. Harganya dijual sekitar Rp34,9 juta.

3. Volta Virgo

Motor Volta Virgo adalah motor listrik yang bentuknya seperti scooter namun mempunyai desain yang minimalis baterai yang digunakan adalah liFePO4 dengan fitur yang cukup lengkap. Harganya sekitar Rp15,4 juta.

4. Selis E-Max

Selis E-Max mempunyai dua variasi yaitu Selis E-Max baterai Ganda yang mempunyai harga sekitar Rp28 juta dan juga Selis E-Max baterai tunggal yang mempunyai harga sekitar Rp22 juta.

5. Viar Q1

Viar Q1 adalah motor listrik yang mempunyai dinamo 800 watt dan bisa menghasilkan kecepatan 60 Km per jam. Motor ini juga menggunakan baterai lithium-ion 60 volt dengan kapasitas 23 Ah. Harganya sekitar Rp18 jutaan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS