Sukses

Ribuan Petugas Dikerahkan Amankan 'Tour de Siak' dari Istana Siak Menuju Pekanbaru

Pemerintah Kabupaten Siak bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru menggelar Tour de Siak.

Liputan6.com, Pekanbaru - Pemerintah Kabupaten Siak bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru siap menggelar Tour de Siak. Balapan sepeda bertema sport tourism ini dibuka 1 Desember dan perlombaan berlangsung dari 2 hingga 4 Desember 2022. 

Tidak seperti biasanya, balapan Tour de Siak pada tahun ini akan sampai ke Pekanbaru. Pembalap melewati sejumlah etape mulai dari Istana Siak dan berakhir di Pekanbaru sebagai ibu kota Provinsi Riau.

Secara keseluruhan, pengamanan Tour de Siak melibatkan 2 ribu personel dari Polda Riau serta instansi terkait. Dari jumlah itu, Polresta Pekanbaru mengerahkan 1.098 personel, termasuk TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja. 

Ribuan personel ini sudah gelar pasukan di Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. Apel dipimpin oleh Kepala Polresta Pekanbaru Komisaris Besar Pria Budi. 

Pria menjelaskan, event ini sangat strategis bagi Siak, Pemerintah Provinsi Riau dan Pekanbaru. Terutama dalam pemulihan ekonomi nasional selama pandemi Covid-19. 

Terkait pengamanan, Pria menyebut ada 257 titik yang perlu dijaga. Ribuan personel itu akan disebar ke ratusan titik itu agar balapan sepeda berjalan lancar dan masyarakat bisa melihatnya dengan aman. 

"Seluruh personel harus siap agar Tour de Siak berjalan dengan baik," kata Pria, Rabu petang, 30 November 2022.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Etape

Terpisah, Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru Komisaris Birgitta Atvina Wijayanti menjelaskan, balapan di Pekanbaru atau city race merupakan etape ketiga atau yang terakhir. 

Etape ini berlangsung pada 4 Desember 2022. Pembalap akan berlomba dengan panjang lintasan 118,8 kilometer yang dimulai pukul 11.00 WIB hingga 14.00 WIB. Perlombaan dimulai dari rumah dinas Gubernur Riau.

Selanjutnya pembalap melewati Jembatan Siak IV, Bundaran Pertamina Rumbai, Bundaran Palas, Jembatan Siak II, Bundaran Celengan, Jalan Riau, Jalan Soekarno Hatta hingga Fly Over SKA.

Dari fly over, pembalap menuju Jalan Arifin Ahmad, Jalan Sudirman, Fly Over Imam Munandar, Jalan Jenderal Sudirman, Fly Over Simpang Tuanku Tambusai dan finis di rumah dinas gubernur.

Sebelum itu atau etape kedua, pembalap berlomba dari Siak hingga Pekanbaru melewati Kabupaten Pelalawan sepanjang 130 kilometer. 

Rutenya Siak, Dayun, Lubuk Dalam, Kerinci Kanan, Simpang Perak, Jalan Lintas Timur Sumatera di Pelalawan, Harapan Raya Pekanbaru dan finis di Kantor Gubernur Riau di Jalan Sudirman. Balapan ini berlangsung pada 3 Desember. 

"Pada rute ini, kami melakukan pengamanan gabungan dengan Polres Pelalawan," kata Birgitta.

Sementara untuk Etape I yakni Siak City Race berlangsung pada 2 Desember. Rutenya adalah keliling di Kabupaten Siak sebanyak 5 putaran dengan jarak tempuh 85 kilometer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini