Sukses

Jerawat Kamu Terus Meradang? Ketahui Alasannya Berikut

Jerawat memang bikin kita kesal.

Liputan6.com, Bandung - Sudah pakai berbagai produk perawatan wajah tapi jerawat terus meradang? Santai. Kamu jangan sampai pusing dan terus membeli produk skincare lain.

Coba perhatikan beberapa hal yang sebenarnya kita sering lupakan, tetapi itu adalah hal paling utama dalam hidup.

Jerawat memang bikin kita kesal. Selain mengganggu estetika wajah, jerawat juga seringkali bikin nyeri hingga berdarah.

Kalau kita adalah orang yang tidak sabar, kita malah pergi ke salon atau dokter kecantikan untuk memencet atau menyuntik jerawat tersebut sampai menimbulkan bekas. Akhirnya, siklus tersebut berulang hingga kita putus asa untuk mencari solusi lain demi wajah bebas jerawat.

Padahal, selain perawatan luar, ada perawatan dari dalam yang sering terlupakan. Makanya, jerawat terus saja muncul dengan sesuka hati.

Ada jerawat di muka, punggung, bahkan dada. Hal ini bikin kita risih dan tidak percaya diri.

Ada beberapa alasan yang membuat jerawat kita terus meradang. Mungkin, ini beberapa alasan yang sebaiknya kamu perhatikan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kurang Tidur

Kamu yang rela begadang demi tugas atau pekerjaan sebaiknya mulai atur kembali jam tidurmu. Sebabnya, badan yang kurang tidur bisa menyebabkan beberapa gangguan.

Misalnya, badan tidak bugar, kurang semangat, tidak sehat, hingga bisa menimbulkan jerawat. Berdasarkan jurnal mahasiswa PSPD Fakultas Kedokteran Universitas Tanjung Pura, tidur terlalu larut malam diperkirakan dapat mengakibatkan aktivitas hormon androgen meningkat.

Hormon androgen berperan penting dalam regulasi mekanisme produksi sebum. Produksi sebum yang berlebihan akan menyebabkan kulit menjadi sangat berminyak.

Kulit berminyak cenderung lebih mudah terjadi acne dibanding kulit normal dan kulit kering, sehingga produksi sebum yang berlebihan akan menimbulkan sumbatan pada kelenjar pilosebasea yang mengakibatkan timbulnya akne.

3 dari 5 halaman

Mengonsumsi Makanan Kolesterol Tinggi

Menurut Jurnal Kedokteran Sains dan Teknologi Medik No.1 Tahun 2021, makanan yang berkadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan produksi sebum yang menyebabkan peningkatan unsur komedogenik, inflamatogenik yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Contoh makanan berkolesterol tinggi adalah junk food, jeroan, gorengan, dan lain-lain.

4 dari 5 halaman

Tidak Berolahraga

Kurangnya aktivitas atau gerak tubuh justru tidak menumbuhkan kolagen yang bisa mengencangkan kulit. Makanya, berolahraga itu penting untuk meningkatkan detak jantung dan aliran darah di dalam tubuh.

Aliran darah ini akan membawa oksigen, vitamin, dan nutrisi lainnya ke sel-sel fibroblas di dalam kulit. Akibatnya, kemampuan sel kulit dalam memperbaiki diri juga meningkat. Jadi, jerawat pun akan semakin mereda dan lebih cepat sembuhnya.

5 dari 5 halaman

Stres

Stres akan meningkatkan kortisol, hormon pemicu stres. Dengan berolahraga, hormon penyebab stres akan mereda terganti dengan hormon endorfin yang membuat perasaan nyaman.

Oleh sebab itu, stres bisa dikurangi. Jika stres berlebih, jerawat pun akan lama sembuhnya.

Jadi, banyak loh hal-hal yang mesti diperhatikan selain dari skincare saja. Yuk mulai perhatikan pola makan, tidur, dan lebih banyak bergerak serta berolahraga untuk badan yang sehat serta jerawat yang semakin mudah mereda.

 

Penulis: Fathia Uqimul Haq

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.