Sukses

Apa Perbedaan Hari Guru Sedunia dengan Hari Guru Nasional?

Liputan6.com, Bandung - Hari Guru Sedunia 2022 ini akan diperingati pada Rabu, 5 Oktober 2022. Perayaan ini adalah perayaan yang diperingati seluruh dunia dan dikenal sebagai World Teacher's Day (WTD).

WTD menjadi suatu perayaan untuk memberikan apresiasi kepada guru di seluruh dunia karena berkat jasa mereka dalam memberikan ilmu kepada semua orang terutama yang bermanfaat.

Perlu diketahui, Indonesia juga turut merayakan Hari Guru Sedunia ini. Namun demikian, ada juga perayaan secara nasional yang memperingati hari guru Indonesia yaitu jatuh pada 25 November.

Lantas apa perbedaannya Hari Guru Sedunia 5 Oktober dengan Hari Guru Nasional 25 November? Simak penjelasan berikut.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Hari Guru Sedunia

Hari Guru Sedunia yang dilaksanakan setiap 5 Oktober diperingati secara global untuk mengapresiasi para guru atas jasa mereka dalam memberikan ilmu serta memajukan pendidikan.

Hari guru sedunia juga diperingati sejak 1994 di mana juga sebagai memperingati ulang tahun penandatanganan rekomendasi ILO/UNESCO 1966 mengenai status guru yang menetapkan tolak ukur atas hak dan tanggung jawab guru. Adapun standar untuk mempersiapkan awal serta pendidikan lebih lanjut, pekerjaan, rekrutmen, hingga kondisi belajar dan mengajar.

Sedangkan, untuk Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November di mana hari guru ini mempunyai tujuan tidak hanya untuk memperingati serta memberikan penghormatan kepada guru-guru yang telah memberikan jasanya untuk mencerdaskan bangsa. Namun, juga untuk memperingati hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

3 dari 4 halaman

Tema Hari Guru Sedunia

Adapun tema untuk merayakan Hari Guru Sedunia tahun ini dilansir dari UNESCO adalah “The Transformation of Education Begins with Teachers” yang mempunyai arti “Transformasi pendidikan dimulai dari guru”.

Karena peran sosok guru sangat penting dalam perkembangan pendidikan, kemudian tema ini sebagai bentuk memberikan dukungan untuk kepada guru-guru di dunia untuk terus memberikan ilmu dan semangat dalam memberikan pendidikan untuk transformasi yang lebih baik.

"Hari ini, di Hari Guru Sedunia, kami merayakan peran penting guru dalam mengubah potensi peserta didik dengan memastikan mereka mempunyai alat yang mereka butuhkan untuk bertanggung jawab atas diri mereka sendiri, untuk orang lain, dan untuk bumi ini," ujar Audrey Azoulay selaku Direktur Jenderal UNESCO.

4 dari 4 halaman

3 Negara dengan Gaji Guru Terbesar di Dunia

Di momen hari guru sedunia, berikut adalah daftar negara-negara dengan gaji guru terbesar di dunia, dilansir dari laman World Population Review, Selasa (4/10/2022) :

1. Luksemburg

Menurut laporan OECD, Luksemburg yang berada di kawasan Eropa memiliki gaji guru tertinggi di dunia.

Sumber lain menunjukkan bahwa gaji pada guru dengan gelar sarjana bisa dipatok sebesar USD 70.323.20 per tahun pada awal karir mengajar mereka.

Jika guru-guru di Luksemburg sudah mengajar selama 10-15 tahun, gaji mereka pun bisa naik mulai 20.000 euro hingga 31.000 euro.

Kemudian, jika periode mengajar sudah berlangsung 30 tahun, gaji guru di Luksemburg baik naik lagi hingga 119.000 euro.

Seorang guru dengan gelar S2 di Luksemburg juga kemungkinan mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada pemegang gelar S1.

Dengan melihat tren gaji, disebutkan bahwa kenaikan gaji di negara itu didasarkan pada tingkat pendidikan dan pengalaman.

2. Swiss

Swiss termasuk di antara negara-negara dengan gaji guru tertinggi di dunia.

Menurut sumber, seorang guru sekolah menengah di Swiss bisa menerima kompensasi sebesar USD 73.646,93 pada awal karir mereka, termasuk bonus, tunjangan lembur, dan tip.

Di sisi lain, seorang guru berpengalaman (10-19 tahun) di negara ini juga bisa menerima gaji sebesar USD 94.722,20 berdasarkan 13 kali gaji.

Selain itu, seorang guru dengan pengalaman lebih dari 20 tahun mengajar juga bisa menerima gaji hingga USD 95.591,27. 

Swiss mematok tingkat pengalaman dan kualifikasi pendidikan untuk menentukan gaji guru. Serupa dengan Luksemburg, pemegang gelar S2 akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada yang memiliki gelar sarjana.

3. Jerman

Jerman menempati urutan kedua setelah Luksemburg dalam daftar OECD negara-negara dengan gaji guru tertinggi di dunia. Di Jerman, seorang guru yang telah mengumpulkan antara 2 dan 5 tahun pengalaman juga bisa mendapatkan gaji sekitar 1.980 euro.

Adapun tingkatan gaji guru di Jerman berdasarkan tahun-tahun pengalaman :

- 5 sampai 10 tahun

2.920 euro

- 10 sampai 15 tahun

3.560 euro

- 15 sampai 20 tahun

-3.880 euro

- 20 tahun ke atas

4.200 euro

 

Penulis: Natasa Kumalasah Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.