Sukses

Kemunculan Penulis-Penulis Daerah Penting Demi Perkuat Simpul Literasi

Pelatihan menulis agar bermunculan penulis-penulis baru di daerah menjadi penting untuk memperkuat simpul literasi di Indonesia.

Liputan6.com, Kubu Raya - Duta Baca Indonesia (DBI) sebagai ikon sekaligus ujung tombak dalam kampanye budaya membaca harus berperan aktif untuk membantu meningkatkan indeks literasi masyarakat. Tak hanya tentang baca dan tulis, dewasa ini, literasi terlibat dalam setiap aspek kehidupan manusia.

Insan yang literat adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk mengelola, memilah dan menggunakan informasi yang diterima dari berbagai sumber guna menyejahterakan serta meningkatkan kualitas hidup.

Salah satu bentuk program Safari Literasi DBI adalah pelatihan menulis agar bermunculan penulis-penulis baru di daerah sehingga simpul literasi makin menguat.

"Kita harus memperkuat jangkar literasi agar semakin kokoh. Butuh keberanian untuk bisa memulai menulis. Menulis itu butuh mental yang kuat, sikap teguh, berdaya juang tinggi, dan memperluas perspektif," ujar Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengawali Safari Literasi DBI, Kamis (28/9/2022).

Muda berharap kegiatan semacam itu bisa secara rutin diselenggarakan agar terbentuk ekosistem literasi yang memiliki daya jangkau luas. Bahkan, saat ini Pemkab Kubu Raya sudah menyajikan informasi tentang literasi gambut dan mangrove.

Seruan untuk berdaya dengan literasi melalui perpustakaan turut disuarakan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kabupaten Kubu Raya, TH.C Leydianto.

Semua stakeholder harus terlibat dalam membangun budaya kegemaran membaca dari sejak bangku sekolah. "Jangan sekadar buku sekolah atau perkuliahan tapi bacalah buku sebanyak-banyaknya," ucap Leydianto.

Secara khusus, Leydianto berharap seluruh kepala desa dapat mengalokasikan dana untuk pembangunan atau pengembangan perpustakaan. Jika diperlukan, lakukan gerakan hibah buku ke perpustakaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Gemar Membaca

Pada kesempatan yang sama, Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional, Renus Siboro, menggarisbawahi bahwa kebijakan Bupati jangan mengabaikan perpustakaan. Mengingat perpustakaan merupakan institusi yang sarat informasi dan pengetahuan.

"Pengembangan dan kualitas sumber daya manusia secara individu maupun lembaga harus disiapkan," imbuh Renus.

Senada dengan Renus, Duta Baca Indonesia Gol A Gong mengatakan manusia bukanlah makhluk statis yang tidak memerlukan aktualisasi. Mereka harus bergerak dinamis, berinteraksi satu sama lain agar tidak mati secara pikiran.

"Aktivitas membaca dapat membuka pintu gerbang ilmu pengetahuan dan kepandaian menulis bisa menghasilkan nilai keekonomian," pungkas Gol A Gong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.