Sukses

5 Makanan dan Minuman Bantu Tidur Lebih Nyenyak yang Perlu Kamu Coba

Liputan6.com, Bandung - Selain mengikuti tips, sebenarnya ada banyak strategi yang dapat digunakan untuk memiliki tidur berkualitas. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman atau makmin yang bisa membantu tidur lebih nyenyak.

Kurang tidur sendiri telah diketahui bisa menjadi penyebab terjadinya sejumlah masalah kesehatan. Kondisi ini bisa membuat seseorang mengalami berbagai masalah baik secara fisik maupun mental.

Tidur nyenyak sendiri menjadi salah satu hal yang penting dimiliki untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat, bugar dan senantiasa bersemangat. Ketika kita memiliki tidur yang nyenyak, kita akan terbangun dalam suasana hati yang bahagia.

Tak hanya itu, kita pun akan memiliki kondisi tubuh yang lebih bugar, bersemangat, dan nyaman. 

Ada beberapa makanan dan minuman memiliki sifat yang bisa meningkatkan rasa mengantuk sekaligus meningkatkan kualitas tidur. Oleh karena itu, simak sejumlah makanan yang bisa kita konsumsi sehari-hari berikut ini agar membantu agar kita bisa tidur lebih nyenyak.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

1. Kiwi

Kiwi merupakan buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibanding jeruk. Buah ini bisa membantumu tidur lebih cepat dan nyenyak pada malam hari. Kandungan serotonin dan antioksidan dari buah ini cukup tinggi sehingga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.

Dalam penelitian, seseorang mengonsumsi dua buah kiwi sebelum tidur selama empat minggu. Hasilnya, sebanyak 42% mereka dinyatakan lebih cepat tidur daripada tidak mengonsumsi kiwi sama sekali.

Makan 1-2 buah kiwi ukuran sedang sekitar satu jam sebelum waktu tidur untuk membantu tidur cepat dan lebih lama.

3 dari 6 halaman

2. Nasi Putih

Nasi putih adalah biji-bijian yang banyak dikonsumsi sebagai makanan pokok di banyak negara. Perbedaan utama antara beras putih dan beras merah adalah bahwa beras putih telah dihilangkan dedak dan kuman sehingga membuatnya lebih rendah serat, nutrisi, dan antioksidan.

Namun demikian, nasi putih masih mengandung beberapa vitamin dan mineral dalam jumlah yang layak. Satu porsi nasi putih sekitar 4 ons, menyediakan 19% kebutuhan folat harian, 21% tiamin pria, dan 22% tiamin wanita.

Maka disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan GI tinggi seperti nasi putih setidaknya 1 jam sebelum tidur, untuk dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang pada malam hari.

4 dari 6 halaman

3. Kacang Almond

Kandungan nutrisi pada kacang almond juga membantu kita dapatkan tidur lebih nyenyak pada malam hari. Konsumsi 33 gram kacang almond akan membantu melemaskan otot dalam tubuh. Almond juga kaya akan magnesium serta kalsium yang sangat baik buat kesehatan.

Kacang almond juga tinggi serat, kaya antioksidan, magnesium, dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Jadi, jika almond dikonsumsi secara teratur dapat membuat Anda terhindar dari beberapa penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 hingga penyakit jantung.

Antioksidan di dalam kacang almond akan melindungi sel tubuh dari peradangan berbahaya yang menyebabkan penyakit kronis. Selain itu, penelitian menyebutkan bahwa almond dapat meningkatkan kualitas tidur yang cukup signifikan.

5 dari 6 halaman

4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sardin, dan tuna bisa membantu untuk cepat tertidur karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi di dalamnya. Kandungan asam lemak tersebut membantu mengatur hormon tidur bernama serotonin selain itu terdapat juga kandungan vitamin D yang bisa membantu tidur.

Selain itu, ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 yang sangat tinggi, asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Omega-3, EPA dan DHA dikenal untuk mengurangi peradangan, resiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan otak. Kombinasi lemak omega-3 dan vitamin D pada ikan berlemak berpotensi meningkatkan kualitas tidur yang signifikan.

Untuk itu, makanlah beberapa ons ikan berlemak sebelum tidur untuk membantu Anda tertidur lebih cepat dan lebih lama.

6 dari 6 halaman

5. Teh Chamomile

Chamomile tea adalah teh herbal yang cukup populer karena menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa minum teh kamomil dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan dan depresi, membantu menyehatkan kulit, serta meningkatkan kualitas tidur.

Secara khusus, teh kamomil mengandung apigenin atau antioksidan yang mampu mengikat reseptor tertentu di otak yang menyebabkan kantuk ataupun mengurangi insomnia. Sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang meminum teh kamomil selama 2 minggu merasakan peningkatan kualitas pada tidurnya. Selain itu, mereka yang meminum teh kamomil juga merasakan gejala depresi yang mulai berkurang.

Jadi, minum teh kamomil sebelum tidur patut dicoba jika Anda ingin meningkatkan kualitas tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.