Sukses

Ethereum Merge Tandai Era Baru Kripto dan Blockchain yang Lebih Hijau

Transisi yang dikenal sebagai ther merge itu telah selesai pada Kamis (15/9/2022) sehingga memindahkan cryptocurrency ke sistem yang jauh lebih hemat energi setelah bertahun-tahun pengembangan dan penundaan.

Liputan6.com, Bandung - Ethereum, cryptocurrency terbesar kedua di dunia telah mengalami transformasi signifikan yang akan mengubah teknologinya untuk mengurangi emisi karbon lebih dari 99,9 persen. Transisi yang dikenal sebagai the merge itu telah selesai pada Kamis (15/9/2022) sehingga memindahkan cryptocurrency ke sistem yang jauh lebih hemat energi setelah bertahun-tahun pengembangan dan penundaan.

"Dan kami menyelesaikannya! Selamat menggabungkan semua. Ini adalah momen besar bagi ekosistem Ethereum," kata pendiri Ethereum Vitalik Buterin dalam kicauannya di Twitter.

Dengan adanya merger ini, berarti teknologi blockchain-nya telah ditingkatkan dari model konsumsi energi intensif yang digunakan oleh saingannya Bitcoin.

Meskipun merger berjalan lancar pada Kamis, harga Ethereum sebenarnya merosot. Pada perdagangan Jumat (16/9/2022), menurut data dari Coinmarketcap, Ethereum diperdagangkan di kisaran USD 1.471 atau sekitar Rp 22 juta, Ether turun 10,02 persen dalam 24 jam terakhir dan 10,42 persen sepekan.

CEO hedge fund kripto ARK36, Anto Paroian mengatakan, penting untuk diketahui proses The Merge sebagian besar telah ditentukan harganya.

“Ethereum telah terapresiasi lebih dari 100 persen sejak posisi terendah Juni. Tampaknya, jika The Merge ternyata memiliki efek positif pada aksi harga Ethereum, kenaikannya mungkin tidak berkelanjutan,” ujar Paroian dikutip dari CNBC, Jumat (16/9/2022).

Setelah nilai cryptocurrency jatuh di paruh pertama tahun ini dengan aset berisiko lainnya, ether menguat untuk memulai paruh kedua dan telah mengungguli bitcoin sejak itu.

Ini naik hampir 70 persen pada Juli, dibandingkan dengan kenaikan 27 persen bitcoin, menurut Coin Metrics. Pada Agustus turun hampir 9,3 persen, dibandingkan dengan kerugian bitcoin yang hampir 17 persen.

“Banyak investor berharap itu menjadi jenis acara jual berita yang berarti, setelah lonjakan awal, kita mungkin benar-benar melihat harga Ethereum turun dalam beberapa hari atau minggu ke depan, terutama mengingat itu, sama seperti yang lainnya. Dari pasar kripto, ETH masih sangat didorong oleh prospek ekonomi makro yang negatif,” jelas Paroian.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langkah Awal

Salah satu pendiri perusahaan kripto StarkWare, Eli Ben-Sasson mencatat The Merge Ethereum akan menjadi langkah pertama dalam proses yang akan mengarah pada adopsi Ethereum yang sangat luas.

“Pentingnya langsung dari The Merge adalah efek dramatis pada konsumsi energi,” ujar Ben-Sasson dikutip dari Cointelegraph, Jumat (16/9/2022).

The Merge diharapkan akan melihat pengurangan energi ethereum sebesar 99,95 persen dibandingkan dengan mekanisme konsensus proof-of-work (PoW) saat ini, yang membutuhkan energi dalam jumlah besar untuk digunakan dalam kompetisi untuk memecahkan teka-teki matematika untuk menghasilkan koin baru.

“Kami melihat bahwa kami dapat memangkas dampak lingkungan dari produksi listrik. Kami tidak mengatakan masalah terpecahkan, melainkan kami menghasilkan listrik dengan polusi yang lebih sedikit, inilah saatnya untuk menggandakan upaya untuk menggunakan daya dengan lebih hemat,” jelas Ben-Sasson.

Ben-Sasson percaya hasil akhirnya adalah ketika populasi umum menggunakan aplikasi berbasis blockchain di berbagai bidang kehidupan, dan secara alami seperti orang menggunakan aplikasi smartphone saat ini.

3 dari 4 halaman

Bakal Hemat Energi

Penggunaan energi tinggi dari teknologi kripto dan blockchain telah menuai kritik dari beberapa investor dan pencinta lingkungan. Satu transaksi di Ethereum saat ini membutuhkan daya sebanyak rata-rata penggunaan rumah tangga AS dalam seminggu, menurut peneliti Digiconomist.

Bagi para pendukung, peningkatan hemat energi merupakan langkah maju yang besar dalam perlombaan untuk menjadi blockchain teratas dunia. 

Ethereum sendiri telah menjadi blockchain pilihan untuk berbagai fungsi di dunia keuangan terdesentralisasi, termasuk kontrak pintar dan proyek yang melibatkan token yang mewakili aset tradisional seperti saham dan obligasi.

Pendukung Ethereum mengatakan teknologi tersebut akan menjadi dasar dari sistem keuangan baru, di mana uang dan aset dapat diperdagangkan dalam bentuk token kripto tanpa memerlukan penyedia layanan keuangan tradisional.

4 dari 4 halaman

Bakal Bikin Orang Tertarik Ethereum

Mark Cuban selaku investor dan pemilik miliarder tim bola basket pro Dallas Mavericks, mengatakan kepada CoinDesk dia akan menonton merger dengan penuh antusias seperti orang lain, menunjukkan itu mungkin membuat ETH deflasi.

Kompleksitas pembaruan ini diperparah oleh fakta bahwa itu mungkin salah satu upaya perangkat lunak sumber terbuka terbesar dalam sejarah, yang membutuhkan koordinasi di lusinan tim dan sejumlah peneliti, pengembang, dan sukarelawan individu.

Tim Beiko, pengembang Ethereum Foundation yang memainkan peran kunci dalam mengkoordinasikan pembaruan, mengatakan merger dapat membuat orang tertarik terhadap Ethereum.

“Saya pikir merger benar-benar dapat membuat orang-orang yang tertarik dengan Ethereum, tetapi skeptis terhadap dampak lingkungan, untuk datang dan bereksperimen dengannya,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.