Sukses

Banjir Rendam 30 Kawasan di Kota Samarinda

Sebanyak 30 kawasan di Kota Samarinda terendam banjir akibat hujan petir yang terjadi sejak dini hari hingga pagi tadi.

 

Liputan6.com, Banjarmasin - Banjir melanda Kota Samarinda, Rabu (14/9/2022). Sebanyak 30 kawasan di kota tersebut dilaporkan terendam banjir akibat hujan petir yang terjadi sejak dini hari hingga pagi tadi. 

"Setidaknya ada 30 titik lokasi yang terpantau banjir di Samarinda pagi tadi, yakni di Simpang Kebun Agung, Gunung Kapur, dan Simpang Pasundan. Untuk Simpang Pasundan sudah surut," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda Suwarso, seperti dikutip Antara.

Kawasan lain yang banjir adalah Simpang Mugirejo, Perumahan Korpri Kelurahan Pulau Atas Kecamatan Sambutan. Di lokasi ini air terus mengalami kenaikan karena berada di dataran rendah.

Kemudian di Simpang Flyover Air Hitam, Simpang Lembuswana (sudah surut) Jalan Damai, Jalan Merdeka 2, Jalan Merdeka 3, Simpang Remaja, Simpang 3 Alaya, Jalan Lempake Jaya, Simpang Sempaja, Simpang Gunung Lingai Simpang Ahmad Dahlan.

Selanjutnya Jalan Pelita 6 Sambutan, Jalan Gerilya Sungai Pinang, Jalan Sentosa, Jalan Gatot Subroto, Jalan Lambung Mangkurat, Jalan Pramuka, Jalan Wijaya Kesuma, Jalam Pangeran Suryanata, Jalan Katamso, Jalan Belimau, Jalan Cipto Mangunkusumo, Simpang APT Pranoto, Jalan Antasari, Simpang Remaja, dan Jalan Kenangan.

"Tinggi muka air bervariasi antara lokasi satu dengan lainnya, namun rata-rata di kisaran 20-60 cm. Tim Pusdalops BPBD masih melakukan evakuasi warga di Jalan Kenangan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringatan Dini BMKG

Sehari sebelumnya telah ada peringatan dini dari BMKG, yang mengatakan sejumlah kawasan di Kaltim akan mengalami hujan petir pada Rabu dini hari, termasuk di Samarinda, sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampaknya.

Ia melanjutkan, selain banjir, hari ini di Samarinda jaga terjadi tanah longsor di 16 titik, yakni di Jalan Wolter Monginsidi, RT 25, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu, kemudian di Jalam Milono, RT 02, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota.

Berikutnya longsor di Jalan Sejati Sambutan RT 01 dan RT 10, Jalan Pelita 4 Gang Apel, Jalan Bukit Barisan Gang 2, samping SD 001 hingga menyebabkan akses jalan ke luar gang tertutup, kemudian Jalan Sentosa Dalam RT 113, Jalan Bukit Barisan Gang Putus.

Perumahan Artas Damanhuri, Jalan Perjuangan, Jalan Perjuangan Gerilya, Perumahan Griyatama,Sungai Pinang, Jalan Jelawat Gang IV, Jalan DI Panjaitan Gabg Margo Utomo Jalan Sentosa Dalam Nomor 88, Jalan Pegunungan Meratus RT 22, Jalan Damanhuri Gang 03A, dan Perumahan Talangsari Cluster Lili.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.