Sukses

HUT ke-77 RI, Bendera Pusaka Diarak Kereta Kencana dari Monas ke Istana

Liputan6.com, Bandung - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi perayaan yang meriah. Hal itu ditandai dengan proses pengibaran Sang Saka Merah Putih di Istana Negara, pada 17 Agustus diawali dengan kirab duplikat bendera pusaka dari kawasan Monumen Nasional (Monas).

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Rabu (17/8/2022), rangkaian kirab ini mengiringi perjalanan duplikat bendera pusaka yang tersimpan di Monas menuju Istana Merdeka yang diarak dengan kereta kencana Ki Jaga Raksa.

Selain itu, dengan menonjolkan semangat kebinekaan, seluruh peserta kirab akan mengenakan busana adat dari beragam daerah di Indonesia. Sebanyak 170 pasukan gabungan TNI dan Polri mengikuti kegiatan ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kirab duplikat bendera pusaka kali ini pun melibatkan mantan Paskibraka Nasional tahun lalu. Pada pelaksanaan upacara pengibaran pagi hari ini, yang bertugas adalah Irene Odelia Astono dan Qyara Maharani Putri.

Qyara Maharani Putri adalah Paskibraka Nasional 2021 wakil Jawa Barat yang dipercaya sebagai Pembawa Baki saat upacara penurunan Sang Merah Putih.

Sedangkan, Irene Odelia Astono merupakan wakil Kalimantan Barat yang pada tahun lalu berada di posisi Baki Cadangan pada Upacara Pengibaran Sang Saka.

Kepala Sekretariat Presiden Heru B Hartono menjelaskan, kirab bendera pusaka itu merupakan rangkaian peringatan detik-detik Proklamasi yang dapat dinikmati masyarakat umum.

"Ada rangkaian membawa bendera Pusaka dari Monas menuju Istana, nanti juga ditambahkan beberapa masyarakat. Kegiatan ini akan dikoordinir Pak Kepala Staf Garnizun Tetap I/Ibu kota. Semoga bisa menjadi tambahan untuk memeriahkan acara ini," ujarnya dalam keterangan pers Bulan Kemerdekaan 2022 yang disaksikan secara virtual, Senin (1/8/2022).

Kegiatan kirab bendera Merah Putih yang biasanya ditunggu masyarakat ini, sebelumnya tertunda selama dua tahun karena pandemi Covid-19. 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS