Sukses

Intoleransi Laktosa? Ini Daftar Susu Vegan Pengganti Susu Sapi

Liputan6.com, Jakarta - Bagi yang memiliki intoleransi terhadap laktosa, maka jauhilah susu sapi. Jika mereka yang meminum susu tetapi langsung diare, perut kembung, sering buang angin, maka bisa disebut intoleransi terhadap laktosa, maka segeralah beralih ke susu selain sapi.

Tak hanya susu, produk olahan susu juga mesti dihindari. Oleh karena itu, patut diwaspadai dan berhati-hati dalam memilih makanan agar tidak berakibat fatal.

Pada penderita intoleransi laktosa, tubuh tidak menghasilkan enzim laktase dalam jumlah yang cukup. Alhasil, laktosa yang tidak tercerna masuk ke usus besar dan terfermentasi oleh bakteri. Kondisi ini memunculkan gejala intoleransi laktosa.

Lalu, apa saja minuman selain susu sapi yang bisa menjadi kudapan?

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftarnya

Susu Kedelai 

Banyak sekali susu kedelai yang bisa diminum. Ada yang dijual di supermarket, gerobak jalanan, secara online, dan lain-lain. Susu kedelai dengan rasa yang bermacam-macam juga sering ditemukan di rak supermarket seperti Vsoy, Soybean, dan merk rumahan lainnya. Manfaat susu kedelai tentu menjadi sumber protein, serat, dan lemak yang baik. 

Susu Oat

Susu dari oat bukan hal yang baru dalam dunia susu yang menjadi alternatif susu sapi. Bahkan, susu oat ini dijadikan pengganti susu sapi dalam kopi susu. Biasanya merk Oatside, Milklab, Oatly menjadi merek ternama susu oat. 

Susu Almond

Susu almond juga mengandung nutrisi baik bagi tubuh. Selain menyehatkan jantung dan mengurangi risiko diabetes, susu almond juga kerap digunakan sebagai asi-booster bagi ibu menyusui. Merek susu almond juga sudah banyak dijual di pasaran seperti susu almond kemasan impor, susu almond bubuk yang dijual di marketplace, susu Kira Almond kemasan bubuk dan kemasan cair, dan lain-lain.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Bukan Susu Sapi

Bukan susu sapi adalah merk susu yang memang bukan dari susu sapi. Mereka menjual susu dari kelapa, kacang mede, kacang kedelai, kacang almond, dan beragam dari kacang lainnya. Merek tersebut menjualnya secara online dan dikirim melalui kurir. Untuk kamu yang ingin beralih dari susu sapi, merek ini bisa menjadi opsi untuk mencoba beragam macam susu dari kacang-kacangan, lho.

Coconut Milk

Kelapa memang banyak manfaatnya mulai dari daging, air, hingga batok kelapa. Manfaat kelapa juga tidak bisa diragukan lagi. Selain mengandung vitamin, kelapa juga punya gizi tinggi dan airnya mengandung antioksidan. Bahkan, kelapa juga diubah menjadi susu kelapa yang dihasilkan dari daging kelapa.

Penulis: Fathia Uqimul Haq

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.