Sukses

Kisah Hantu Mbah Sukur, Penyebar Teror di Nusakambangan

Liputan6.com, Yogyakarta - Nusakambangan merupakan sebuah pulau yang terletak di wilayah Jawa Tengah. Pulau ini terkenal karena merupakan tempat penjara tahanan kelas kakap.

Keberadaan penjara ini juga membuat Pulau Nusakambangan memiliki kesan yang menyeramkan. Ditambah pulau ini merupakan lokasi eksekusi para terpidana hukuman mati.

Banyaknya kasus kematian yang bekembang dari masa ke masa membuat Nusakambangan memiliki kisah angker yang populer. Salah satu kisah angker yang melegenda di Nusakambangan adalah mengenai keberadaan hantu Mbah Sukur.

Dikutip dari berbagai sumber, sosok hantu laki-laki paruh baya ini diyakini oleh masyarakat Nusakambangan sebagai cerita urband legend. Sosok hantu Mbah Sukur konon menjadi penguasa atau yang paling seram daripada kisah horor lain yang ada di sana.

Sosok Mbah Sukur ini sebenarnya hanyalah pria biasa pada umumnya. Namun, yang membuat bulu kuduk merinding adalah hantu tersebut sering menampakkan diri tanpa kepala alias buntung lengkap dengan leher yang masih mengeluarkan darah segar.

Sosok Mbah Sukur biasanya akan muncul pada malam hari terutama pada waktu tertentu yang dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Hantu ini biasanya muncul di perlintasan ruas jalan hutan Nusakambangan.

Kisah dari hantu Mbah Sukur ini memiliki beberapa versi, menurut sebagian percaya bahwa teror Mbah Sukur muncul berasal dari korban pembantaian pada masa penjajahan Belanda. Hantu Mbah Sukur yang biasa meneror orang tersebut sebenarnya bermaksud minta pertolongan agar dicarikan kepalanya yang putus dan hilang.

Menurut versi lain, hantu Mbah Sukur dipercaya berasal dari korban pembantaian tragedi 1965. Pada masa itu banyak sekali orang yang dibantai dan salah satunya adalah Mbah Sukur ini.

Selain penampakan hantu Mbah Sukur, banyak orang juga menyatakan bahwa ada penampakan lain di lapas lain yang berada di Nusakambangan. Hingga saat ini, kawasan Nusakambangan yang mayoritas adalah hutan tersebut memang menyimpan banyak misteri dan kisah angker.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS