Sukses

Pelabuhan Terbengkalai di Majene Bakal Disulap Jadi Rest Area dan Pusat Makanan Khas Sulbar

Liputan6.com, Majene - Pemprov Sulawesi Barat akan memanfaatkan sejumlah aset mereka yang terbengkalai guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satu aset yang akan dialih fungsikan yaitu Pelabuhanan Perikanan Nusantara (PPN) Palipi di Kecamatan Sendana, Majene.

Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik berencana menjadikan PPN Palipi sebagai rest area dan pusat jajanan serta makanan khas Tanah Mandar (Sulawesi Barat). Dia berkomitmen mengelola aset daerah yang terbengkalai untuk meningkatkan perekenomian provinsi ke-33 itu.

"Ini untuk membuktikan bahwa Sulbar mampu mengelola aset pemerintah. Aset kita ini bisa berkontribusi untuk PAD kita," kata Akmal kepada wartawan, Sabtu (02/07/2022).

Akmal tidak ingin aset daerah yang sudah dibiaya menggunakan uang negara hingga milliaran tidak memberikan manfaat. Karena itu, pengalih fungsian jadi salah satu cara agar aset itu bisa bermanfaat dan memberikan peningkatan PAD bagi Sulawesi Barat.

"Saya meminta biro hukum segera menyelesaikan kajian hukum terkait pembangunan rest area di PPN Palipi. Setelah dari sisi hukum tidak ada kendala maka kita mulai pembangunannya," ujar Akmal.

Akmal mengungkapkan, hal serupa akan dia lakukan terhadap aset milik Pemprov Sulawesi Barat yang terbengkalai di beberapa kabupaten. Hasil inventarisasi aset yang dilakukan, banyak aset milik Pemprov Sulawesi Barat yang saat ini tidak bisa digunakan sesuai dengan peruntukannya.

"Untuk sementara ini terdapat 31 aset Pemprov Sulbar yang berpotensi bisa dikelola untuk meningkatkan PAD, dan pengelolaannya akan dimaksimalkan," ungkap Akmal.

Sedangkan, Wakil Bupati Majene Arismunandar mendukung penuh niatan Penjabar Gubernur Sulawesi Barat menjadikan PPN Palipi sebagai rest area. Dia siap bekerjasama

berterima kasih atas dukungan Pemprov Sulbar memberikan perhatian terhadap pengembangan daerah, khususnya di Majene. Utamanya bagaimana menyiapkan SDM untuk diberdayakan dalam rencana pembangunan rest area itu.

"Dengan menghidupkan PPN Palipi ini akan memberikan efek bagi masyarakat Majene. Seperti tumbuhnya UMKM dan ada pendapatan ke daerah," tutup Arismunandar.

Saksikan Vidio Pilihan Berikut: