Sukses

Miliki Potensi Luar Biasa, Wisata Pulau Karampuang Akan Dikeroyok dan Ditata Ulang

Liputan6.com, Mamuju - Pulau Karampuang merupakan salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Namun selama ini, penataan dan pengeloaan destinasi wisata itu tidak maksimal sehingga agak kurang dilirik wisatawan.

Pulau Karampung jika diartikan dalam bahasa Indonesia bermakna rembulan, menawarkan sejumlah spot wisata bawah laut. Yang manjadi keunggulan, yaitu keindahan alam bawah laut dengan keanekaragaman terumbu karang, mulai dari soft coral hingga hard coral.

Pulau Karampuang dikenal sebagai salah satu pulau dengan keberagaman biota laut yang mampu dipertahankan oleh masyarakat lokal. Di pulau ini, kita juga dapat menemukan keindahan pantai dan hutan mangrove yang terdapat di destinasi wisata ini.

Untuk memaksimalkan daya tarik Pulau Karampuang, Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik akan melakukan penataan ulang di objek wisata itu. Dia mengajak sejumlah pihak untuk hadir guna melihat langsung potensi yang dimiliki Pulau Karampung.

"Pagi ini kita melaksanakan pertemuan dengan Bupati Mamuju dan perbankan, sekalian olahraga. Kita mendiskusikan langkah-langkah mendorong pertumbuhan aktifitas ekonomi di Sulbar," kata Akmal kepada wartawan, Minggu (03/07/2022).

Akmal menambahkan, dia berencana membuka ruang publik di objek wisata itu, ruang terbuka publik di kawasan wisata memiliki citra yang lebih menarik bagi pengunjung. Menurutnya Ruang terbuka publik juga harus ditunjang fasilitas yang baik sehingga penjunjung merasa nyaman saat berwisata.

"Kita buat ruang publik dulu, ini warung-warung kita dorong ke belakang sekira 50 meter, disini ada ruang publik untuk berolahraga dan lainnya," ujar Akmal.

 

2 dari 3 halaman

Saksikan Vidio Pilihan Berikut:

3 dari 3 halaman

Dongkrak UMKM

Akmal berharap, selain menjadi sarana rekreasi, penataan Pulau Karampuang juga dapat membantu pertumbuhan perekonomian daerah. Dia ingin Pemkab Mamuju dan pihak perbankan mampu membantu meningkatkan UMKM di Pulau Karmpuang.

"Jadi bantuan pihak bank ini, apakah dalam bentuk bantuan pendanaan atau membantu membangun pertokoannya," ujar Akmal.

Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi berharap apa yang diinisiasi oleh Penjabat Gunerur Sulawesi Barat dapat diimplemensikan dengan baik. Dengan bantuan pihak perbankan dan pemprov, dia meyakini geliat pariwisata di Pulau Karampuang akan meningkat.

"Pulau Karampuang dengan intervensi semua pihak bisa jadi destinasi wisata yang menarik banyak minat wisatawan," harap Sutinah.

Sedangkan, Deputi Kepala Perwakilan BI Sulbar, Ahmad menegaskan komitmen pihak perbankan dalam penataan dan pengelolaan Pulau Karampuang. Dia berharap langkah ini segera ditindaklanjuti sehingga membawa kemajuan ekonomi bagi masyarakat.

"Kami dari perbankan siap untuk mendukung apa yang diinisiasi oleh gubernur dan bupati," tutup Ahmad.