Sukses

Angkut BBM Pakai Jeriken, Minibus Terbakar di Konawe

Sebuah minibus Toyota Avanza terbakar di Kabupaten Konawe saat mengangkut BBM di SPBU menggunakan jeriken.

Liputan6.com, Kendari - Sebuah mobil Minibus terbakar di dekat SPBU Konawe, jalan poros Desa Lahotutu, Kecamatan Wonggeduku Barat, Kabupaten Konawe, sekitar pukul 10.00 Wita. Mobil Toyota Avanza warna putih itu baru saja mengisi BBM di SPBU yang berjarak sekitar 50 meter lebih dari lokasi kejadian.

Sejumlah warga di sekitar TKP, sempat merekam menggunakan gawai. Dari video beredar, tampak puluhan pengendara berhenti dari kejauhan, menunggu petugas memadamkan api agar mereka bisa melanjutkan perjalanan.

Kasat Reskrim Polres Konawe AKP M Jacub N Kamaru mengatakan, kebakaran terjadi saat sopir bernama Sukur (39) baru saja mengisi BBM di SPBU Sinar Unaaha Sejahtera. Setelah mobil keluar dari lokasi SPBU, mobil sempat berjalan beberapa puluh meter, kemudian mengeluarkan asap, lalu terbakar.

"Menurut saksi mata, saat itu sopir merokok, saat ini sedang dirawat di rumah sakit karena mengalami luka-luka," kata Jacub Kamaru.

Sejumlah petugas SPBU berusaha membantu memadamkan api yang sudah membesar menggunakan tabung pemadam. Namun, upaya mereka tak banyak membuahkan hasil, karena api sudah membesar.

Kejadian ini mengakibatkan sopir yang diketahui bernama Sukur (39), mendapatkan perawatan di rumah sakit. Korban mengalami luka bakar 30 persen pada lengan dan kaki. Diketahui sebelumnya, korban berusaha menyelamatkan barang dari dalam mobil terbakar di Konawe.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Kejadian

Sejumlah saksi mata mengatakan, awalnya mobil minibus mengantre mengisi bensin bersama sejumlah pengendara. Ternyata, ada 15 buah jeriken di dalam mobil. Hal ini dibenarkan pihak kepolisian dalam rilisnya.

Setelah mengisi bensin, sopir kemudian keluar dari SPBU dan menuju jalan poros. Sekitar 50 meter lebih dari lokasi kejadian, sopir sempat berhenti.

Saksi melihat, sopir sempat menelepon dan merokok. Kemudian, sopir turun dari mobil dan memeriksa kondisi bagian belakang mobil. Ternyata, bagian belakang mobil sudah terbakar.

Saat berusaha menyelamatkan barang dari dalam mobil, celana sopir sempat terbakar. Api kemudian membesar dan membakar hampir seluruh bagian mobil.

Beberapa warga di lokasi sempat memberikan bantuan. Sejumlah petugas di SPBU berusaha memadamkan api dengan tabung pemadam, tetapi tidak berhasil. Sekitar 20 menit kemudian, petugas pemadam kebakaran datang dan membantu warga memadamkan api.

 

Saksikan juga video pilihan berikut: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.