Sukses

Sandingkan 2 Berita, UAS 'Sindir' Sikap Gubernur Riau Menjelang Pilkada 2024?

Liputan6.com, Pekanbaru - Akun Instagram Ustaz Abdul Somad (@ustadzabdulsomad_official) mendadak mengunggah dua berita soal Gubernur Riau Syamsuar pada Rabu siang, 18 Mei 2022, sekitar pukul 13.30 WIB. Dalam captionnya, akun itu menulis "Before After Pilkada".

Dua berita soal Gubernur Riau Syamsuar itu merupakan tangkapan layar kemudian digabungkan menjadi satu. Pada berita pertama, akun pria disapa UAS itu memberikan cap "Sesudah Menjadi Gubernur". Sementara pada berita kedua ada cap atau tulisan "Menjelang 2024".

Penelusuran wartawan, berita pertama terkait sikap Syamsuar ketika dilaporkan oleh sejumlah organisasi masyarakat ke polisi pada tahun 2019. Laporan itu terkait isi ceramah UAS soal salib.

Dalam berita pertama itu, Syamsuar enggan berkomentar terkait laporan tersebut. Dia menyebut laporan masyarakat itu soal pribadi UAS dan sensitif untuk dikomentari.

Sedangkan berita kedua, berisi tentang penolakan UAS saat ingin berwisata ke Singapura. UAS tidak diizinkan masuk ke Singapura oleh imigrasi setempat.

Pada berita kedua ini, Syamsuar menyebut prihatin atas penolakan itu. Syamsuar atas nama pemerintah daerah berharap kejadian penolakan itu merupakan yang terakhir kali.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Komentar Warganet

Tidak diketahui pasti apa maksud akun official membandingkan dua sikap Gubernur Riau terhadap apa yang menimba ustaz sejuta follower itu.

Yang jelas, beberapa saat sesudah diunggah, perbandingan dua berita itu mendapatkan ribuan tanggapan dari warganet.

"Gak usah dipilih lagi," tulis salah satu akun.

"Takut kehilangan jabatan," sambut warganet lainnya.

"Makin keliatan ustad mana yang pansos sama ustad tetep istiqomah ustad semangat umat siap kawal ustad," celoteh warganet lainnya.

"Tak usah nolong politisi ustad tolong yg ustad percaya aja sudah," timpal warganet lainnya.