Sukses

Kisah Haru Pemudik dan Anak Balitanya, Diantar Polisi hingga Depan Rumah di Pemalang

Liputan6.com, Pemalang - Mudik lebaran selalu membawa cerita baru. Kisah seru, haru, hingga duka kerap terjadi si sepanjang tradisi tahunan ini.

Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, pemerintah membolehkan perantau mudikke kampung halaman, setelah dua tahun menutup rapat-rapat pintu mudik. Sontak, jutaan pemudik membanjir di jalanan.

Jumat malam (29/4/2022), sejumlah pemudik beristirahat di Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) yang telah disiapkan Polres Pemalang.

Salah seorang pemudik Riski Juliani (31) mengatakan, dirinya sedang dalam perjalanan mudik dari Cilandak Jakarta Selatan menuju Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.

"Setelah turun dari Bus, saya kesulitan untuk mengakses transportasi online karena waktu sudah malam, lalu ada bapak polisi yang mempersilakan kami untuk beristirahat di Pospam Gandulan," kata Riski Juliani.

Setelah beristirahat sejenak di Pospam Gandulan, tanpa diduga, dia beserta keluarganya diantar ke Ulujami oleh polisi menggunakan mobil patroli hingga ke rumahnya.

"Untuk bapak polisi dari Polres Pemalang, terima kasih atas bantuannya, dan atas suguhannya," kata Riski Juliani.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 2 halaman

Inisiatif Polisi

Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo mengatakan, awalnya petugas Pospam melihat sepasang suami istri bersama keluarganya yang baru saja menempuh perjalanan dari arah Jakarta menuju Pemalang dengan bus.

"Petugas yang berada di Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan memang bertugas untuk memberikan pelayanan pada Pemudik, sehingga tadi kami mempersilahkan keluarga tersebut untuk masuk sembari mencari informasi kendaraan untuk melanjutkan perjalanan," kata Kapolres.

Karena waktu telah larut malam, Kapolres Pemalang mengatakan, keluarga tersebut nampak kesulitan untuk mengakses transportasi umum maupun online.

"Lalu kami berinisiatif mengantar mereka pulang ke rumah, menggunakan mobil patroli yang ada," katanya.

"Jadi ini adalah gerak cepat petugas, untuk memberikan pelayanan pada pemudik di seluruh Pospam dan Posyan yang ada di wilayah Kabupaten Pemalang," kapolres menjelaskan.

Tim Rembulan