Sukses

Gunung Soputan Mulai Bergejolak, Warga Diimbau Waspada

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Tenggara mengimbau warga mewaspadai peningkatan aktivitas Gunung Soputan.

Liputan6.com, Manado - Aktivitas Gunung Soputan di Minahasa Tenggara, Sulut, mengalami peningkatan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengimbau warga di daerah itu agar mewaspadai peningkatan aktivitas gunung tersebut.

"Kami minta warga waspadai peningkatan aktivitas Gunung Soputan. Ini berdasarkan laporan dari pos pemantau, karena dalam beberapa hari terakhir ada peningkatan aktivitas," kata Kepala BPBD Minahasa Tenggara Jhony Kolinug di Ratahan, Senin (7/3/2022).

Dia mengungkapkan berdasarkan laporan tersebut telah terjadi peningkatan kegempaan di Gunung Soputan selama beberapa hari terakhir.

"Memang ada peningkatan aktivitas kegempaan. Namun, kondisi saat ini status Gunung Soputan masih pada level dua atau waspada," ujarnya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Radius 1,5 Kilometer

Terkait adanya perubahan aktivitas tersebut, pos pemantau Gunung Soputan akan terus melakukan evaluasi serta pemantauan secara intensif.

"Nantinya akan ada evaluasi secara berkala dengan adanya peningkatan aktivitas Gunung Soputan ini. Tapi kami ingatkan masyarakat tidak perlu panik, tapi tetap untuk waspada," ujarnya.

Sementara itu, bagi pemerintah kecamatan dan desa mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di sekitar Gunung Soputan radius 1,5 kilometer.

"Kami berharap pemerintah di desa dan kecamatan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di sekitar gunung," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.