Sukses

Misteri Pasar Setan 5 Gunung di Pulau Jawa, Suara Gemuruh Hilang Menjelang Pagi

Misteri gunung di Pulau Jawa sangat beragam. Salah misteri yang cukup banyak ditemukan adalah pasar setan.

Liputan6.com, Surabaya - Gunung merupakan dataran tertinggi yang sering dijadikan objek wisata alam. Bagi para petualang, mendaki gunung adalah cara untuk menikmati keindahan alam sekaligus menghilangkan penat. Biasanya, setelah selesai mendaki satu gunung, ada ketertarikan untuk mendaki gunung lainnya.

Jalur pendakian setiap gunung berbeda-beda. Ada yang treknya mudah dilalui, ada pula yang harus melewati perjalanan terjal bebatuan. Selama perjalanan pendakian harus sangat hati-hati dan waspada.

Mendaki gunung tak memakan waktu satu atau dua jam. Bahkan, ada beberapa gunung yang perlu waktu berhari-hari untuk sampai puncak tertingginya. Kendati membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi para pendaki tetap menikmati perjalanannya.

Rasa lelah mendaki gunung akan terbayar lunas saat tiba di puncak ketinggiannya. Pendaki bisa melihat pemandangan di atas awan. Mengabadikan momen langkanya dengan berswafoto bersama-temannya.

Tapi tahukah kamu? Meski gunung adalah tempat favorit para pendaki, ternyata beberapa gunung punya misteri yang belum terpecahkan.

Misteri gunung di Pulau Jawa sangat beragam. Salah misteri yang cukup banyak ditemukan adalah pasar setan.

Gunung-gunung di Jawa yang dipercaya memiliki misteri pasar setan antara lain Gunung Arjuno, Gunung Slamet, Gunung Lawu, Gunung Sumbing, dan Gunung Merapi

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno merupakan gunung berapi kerucut yang berada di Jawa Timur. Gunung yang berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo ini memiliki ketinggian 3.339 mdpl.

Konon ada pasar setan di Gunung Arjuno. Pasar setan ini masih dipercaya oleh kalangan pendaki maupun masyarakat sekitar.

Misteri pasar setan dipercaya ada di daerah sabana luas dalam jalur pendakian Gunung Arjuno. Di tempat tersebut kadang kala terdengar suara gemuruh layaknya pasar. Suara-suara pasar itu hilang menjelang pagi.

3 dari 4 halaman

2. Gunung Slamet

Gunung Slamet di Jawa Tengah juga punya mitos pasar setan atau pasar hantu. Lokasi pasar setan di Gunung Slamet dipercaya berada di lereng gunung.

Suara layaknya pasar terdengar di tempat tersebut. Konon ada pendaki yang ditawari untuk membeli sesuatu di pasar setan itu.

3. Gunung Lawu

Gunung Lawu yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur juga dipercaya terdapat misteri pasar setan. Lokasi pasar setan itu dipercaya berada di jalur pendakian Cetho.

Jangan heran jika para pendaki mendengar suara gemuruh bak di pasar. Konon suara itu bersumber dari pasar setan. Para pendaki dianjurkan melemparkan koin jika merasa ada yang memanggil namanya. Konon jika ada yang memanggil itu artinya melakukan jual beli di pasar yang penuh misteri itu.

4 dari 4 halaman

4. Gunung Sumbing

Tidak hanya gunung-gunung di atas yang memiliki pasar setan. Konon Gunung Sumbing di Jawa Tengah juga memiliki pasar gaib serupa.

Pasar setan di Gunung Sumbing dipercaya berada di Pasar Watu. Jangan takut kalau mendengar suara-suara layaknya di pasar di tempat ini. Tetap fokus dan jangan lupa membaca doa agar selamat selamat pendakian.

5. Gunung Merapi

Pasar setan juga dipercaya terdapat di Gunung Merapi. Lokasinya berada di Pasar Bubrah. Suara-suara gemuruh layaknya pasar sering terdengar di tempat ini.

Pasar setan yang berada di gunung-gunung tersebut masih misteri. Menurut pengakuan pendaki, pasar gaib tersebut benar adanya. Kendati penuh misteri, gunung-gunung tersebut tetap ramai dikunjungi oleh para pendaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.