Sukses

3 Aktivitas Seru di Curug Cimahi, Ada Lampu Warna-Warni pada Malam Hari

Curug Cimahi menjadi salah satu lokasi wisata alam yang belum banyak dikunjungi wisatawan.

Liputan6.com, Bandung - Belakangan, cuaca di Bandung memang sedang panas. Tidak ada salahnya jika melipir sebentar ke Curug Cimahi yang udaranya pasti lebih sejuk karena letaknya berada di 1050 mdpl.

Selain itu, Curug Cimahi juga menjadi salah satu lokasi wisata alam yang belum banyak dikunjungi wisatawan.

Curug atau air terjun Cimahi sebenarnya berada di lokasi yang mudah dijangkau dengan kendaraan. Tempat wisata ini juga menawarkan panorama yang bisa menenangkan pikiran dan menyejukkan mata.

Tidak percaya? Berikut adalah tiga hal yang bisa didapatkan di Curug Cimahi.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Aktivitas

1. Panorama Curug pada Malam Hari

Curug Cimahi baru direnovasi untuk dijadikan wisata malam. Tentu saja, kamu bisa mendapatkan suasana berbeda di Curug Cimahi, jika berkunjung pada malam hari.

Selain udara dingin dan sejuk, kamu bisa mendengar deru air terjun yang berada di ketinggian sekitar 87 meter dan juga gemerlap lampu warna-warni serupa pelangi yang menyinari air terjun. Karena ini pula, Wisata Pelangi menjadi sebutan baru untuk Curug Cimahi.

2. Pelangi

Jika ingin melihat pelangi asli, kamu bisa datang pada siang hari. Kalau kamu beruntung, kamu bisa bisa melihat keindahan pelangi yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh titik-titik air sehingga menghasilkan lengkungan spektrum.

Panorama ini bisa dilihat di menara pandang sambil duduk santai. Selain mendapat suguhan pemandangan, kamu juga bisa mendengarkan senandung burung-burung liar, dan tentu saja mendengarkan gemuruh air terjun yang berasal dari aliran Sungai Cimahi.

Biasanya, pelangi di Curug Cimahi akan terlihat pada jam 1 siang hingga jam 3 sore.

3. Udara Segar untuk Olahraga

Yang perlu kamu ketahui, untuk bisa tiba di curug yang juga dikenal dengan nama Air Terjun Pelangi itu, kamu perlu berjalan menyusuri tangga sekitar 15 hingga 20 menit lamanya. Tapi jangan khawatir, udara segar bisa Kamu hirup sepuasnya.

Jadi, kamu bisa sekalian berolahraga. Tapi pastikan untuk mengenakan baju yang nyaman dan alas kaki yang tepat.

3 dari 3 halaman

Rute Menuju Curug Cimahi

Curug Cimahi berlokasi di Jalan Kolonel Masturi, Cisarua, Bandung Barat. Lokasinya tidak jauh dan satu arah dengan Dusun Bambu Lembang. Kamu bisa menggunakan tiga rute berbeda dari pusat Kota Bandung untuk tiba di Curug Cimahi.

1. Rute Utama, Ledeng

Rute pertama adalah Lembang. Menuju Lembang, kamu akan melewati Jalan Setiabudi hingga tiba ke Kota Lembang. Meski jadi rute paling mudah, rute utama ini bisa sangat menguji kesabaran, terutama di hari libur dan akhir pekan.

2. Rute Sersan Bajuri

Kamu juga bisa menggunakan jalur Sersan Bajuri untuk tiba di Curug Cimahi. Meski begitu, jalan menuju Sersan Bajuri tetap harus melewati jalur utama, yakni Jalan Setiabudi menuju terminal Ledeng. Dari sana, kamu bisa mengambil jalur ke Sersan Bajuri di sebelah kiri.  

Gunakan rute Sersan Bajuri hingga kamu sampai di Parongpong. Di sini, kamu juga akan mendapat pemandangan menarik dari kios-kios tanaman hias di sepanjang jalan.

3. Rute alternatif

Untuk menghindari jalan yang tidak terlalu macet, kamu bisa menggunakan rute alternatif dengan menuju  Jalan Gegerkalong Girang ke Jalan Cihanjuang ke Parongpong.Kamu cukup menyusuri jalur tersebut sampai ke terminal angkot Cisarua, yang letaknya kurang lebih 1 kilometer sebelum pertigaan ke Dusun Bambu Lembang. Pintu masuk Curug Cimahi berada persis di sebelah terminal angkot Cisarua, di pinggir jalan Kolonel Masturi sehingga mudah ditemukan.

Saat berwisata ke Curug Cimahi, pastikan untuk membawa jaket, ya. Terutama jika ingin melakukan wisata malam. Selamat berlibur!

Penulis: Mega Dwi Anggraeni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.